Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Menjadi Non Pertanian Berpotensi Mengancam Ketahanan Pangan (Beras) Di Klaten (Bag.3) - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Menjadi Non Pertanian Berpotensi Mengancam Ketahanan Pangan (Beras) Di Klaten (Bag.3)

Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Menjadi Non Pertanian Berpotensi Mengancam Ketahanan Pangan (Beras) Di Klaten (Bag.3)

Written By Klaten Info on Jumat, 18 Januari 2013 | 08.24

Menurut pengamatan contributor Klaten Info lahan sawah produktif yang berada di dikanan-kiri jalan arteri, sebagian besar telah mengalami alih fungsi lahan dari pertanian menjadi perumahan atau bangunan lain. Seperti dapat dilihat disepanjang jalan Klaten –Gayamprit – Basin hingga Kemalang. Jalan Prambanan – Manisrenggo, dan banyak lagi ditempat-tempat lain serupa di wilayah kabupaten Klaten. Kecenderungan ini juga dipicu semakin tingginya biaya Pajak Bumi dan Bangunan pada lahan sawah yang berada di tepi jalan raya mengingat nilai jual obyek pajaknya relative tinggi, sementara nilai produksi berusahatani tidak selalu ada jaminan menguntungkan. Lebih-lebih mulai tahun 2013 pengelolaan PBB sudah dikelola pemerintah daerah, yang jika pendataan faktualnya baik dan benar tentu NJOP akan banyak yang mengalami perubahan menjadi lebih tinggi.

Ilustrasi alih fungsi lahan sawah produktif menjadi permukiman di Kadilaju yang berizin dan diberbagai tempat yang tanpa izin barangkali merupakan fenomena gunung es di kabupaten Klaten. Hal demikian tentu tidak dapat dianggap enteng dan dibiarkan terus berjalan. Masalah yang sangat serius ini perlu segera direspon oleh pemerintah kabupaten Klaten, untuk melakukan antisipasi agar laju alih fungsi lahan pertanian pangan menjadi non usaha pertanian dapat dihambat. Diperlukan kebijakan regulasi berupa produk hukum yang mengikat berbentuk peraturan daerah tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLPPB), menyusul Perda Nomor 11 tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Klaten tahun 2011 – 2031, Perda RTRW Provinsi Jawa tengah serta Undang-Undang nomor 41 tahun 2009,tentang PLPPB. Tujuan utamanya adalah untuk mengerem alih fungsi lahan pertanian pangan ke non pertanian ,menjaga ketahanan pangan daerah kedepan khususnya aspek ketersediaan bahan pangan beras.

Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Menjadi Non Pertanian Berpotensi Mengancam Ketahanan Pangan (Beras) Di Klaten (Bag.1)
Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Menjadi Non Pertanian Berpotensi Mengancam Ketahanan Pangan (Beras) Di Klaten (Bag.2)
Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Menjadi Non Pertanian Berpotensi Mengancam Ketahanan Pangan (Beras) Di Klaten (Bag.3)
Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Menjadi Non Pertanian Berpotensi Mengancam Ketahanan Pangan (Beras) Di Klaten (Bag.4)

Oleh: Kiswanto | Kontributor Klaten.Info

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info