AKIBAT "BALAPAN LIAR" DUA REMAJA TEWAS MENGENASKAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » AKIBAT "BALAPAN LIAR" DUA REMAJA TEWAS MENGENASKAN

AKIBAT "BALAPAN LIAR" DUA REMAJA TEWAS MENGENASKAN

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 21 Juli 2013 | 19.59

Di Jalan ini peristiwa tragis terjadi
Karangnongko ~ Bulan ramadhan semestinya diisi kegiatan keagamaan untuk meningkatkan iman dan taqwallah.Namun masih ada sebagian remaja mengisi bulan suci yang penuh barokah ini dengan kegiatan yang kurang bermanfaat.Misalnya dengan menghamburkan uang untuk membeli petasan atau mercon.Dan yang lebih membuat miris adalah digelarnya track-trackan atau yang familiar dengan “balapan liar”.Balapan liar tidak menggunakan prasarana dan sarana yang semestinya,namun memanfaatkan jalan umum.

Barangkali banyak jalan umum yang dijadikan arena balapan liar di wilayah kabupaten Klaten.Salah satunya adalah di jalan raya antara Prawatan,kecamatan Jogonalan hingga pertigaan Gayamsewu,desa Kadilaju.Ruas jalan arteri yang lurus dan mulus berhotmix ini sering digunakan sebagai “sirkuit” untuk uji nyali para remaja.Uji nyali tersebut  dalam bentuk  balapan sepeda motor illegal.

Menurut penuturan narasumber yang keberatan disebut jati dirinya kepada kontributor klaten info,balapan semacam ini sudah berjalan cukup lama. Biasanya dilakukan sore hingga malam hari.Pesertanya sebagian besar para remaja belasan tahun.Sepeda motornya biasanya tidak standar lagi ,ada yang tanpa spion,knalpot racing atau “blombongan” dan sering tidak dilengkapi lampu utama.Warga pengguna jalan kalau melihat ada balapan biasanya memilih menghindar mencari jalan lain,takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Barangkali apes bagi Yogi Wijayanto (16 tahun) dan Yanuar Imam Santosa (16 tahun),pada Minggu legi, 21 Juli 2013 sore hari .Mereka bersama timnya masing-masing melakukan balapan liar di jalan raya bulak wetan padukuhan Karangeri,desa Kadilaju.Menjelang sholat Maghrib memang jalan lurus beraspal halus itu biasanya sudah sepi .Namun rupanya balapan sore itu merupakan yang terakhir bagi mereka berdua.Pasalnya mereka mengalami tabrakan hebat ketika sedang memacu kendaraan masing-masing dalam kecepatan tinggi.Lokasi tragedi itu tepat di dekat tugu simpang tiga menuju balai desa Kadilaju,demikian tambahnya.

Akhirnya mereka yang dalam keadaan kritis dan mengenaskan,nyawanya tidak dapat ditolong lagi.Menurut siaran layu-layu dari Masjid Lailatul Qodar ,Yogi Wijayanto bin Sarmo yang beralamat di padukuhan Tegalrejo,desa Kadilaju meninggal jam 19.00 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Soeradji Tirto Negoro Klaten ,dan akan dikebumikan Senin pahing ,22 Juli 2013, jam 11.00 WIB di pemakaman umum setempat.

Sedangkan Yanuar Imam Santosa bin Suwardi yang mantan Kades Kadilaju berdomisili di padukuhan Sepuluh,desa Kadilaju meninggal pukul 23.00 WIB,dan akan dimakamkan di Sasonoloyo padukuhan Kadipolo,desa Keputran kecamatan Kemalang,jam 13.00 WIB,tanggal 22 Juli 2013,hari Senin pahing.

Semoga peristiwa ini menjadikan pelajaran,utamanya para orang tua yang mempunyai anak-anak remaja .Mereka dapat membimbing dan mengawasi putra-putrinya secara intens,agar tidak salah gaul dan dapat menjadi anak yang sholeh,demikian himbauan Gus Chaffid  ustadz pengasuh ponpes Al Munawwir.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info