AWAL RAMADHAN "BERBEDA", TAK PERLU DIPERSOALKAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » AWAL RAMADHAN "BERBEDA", TAK PERLU DIPERSOALKAN

AWAL RAMADHAN "BERBEDA", TAK PERLU DIPERSOALKAN

Written By kiswanto adinegara on Senin, 22 Juli 2013 | 23.44


Karangnongko ~  Perbedaan dalam penetapan awal bulan Ramadhan dan juga tanggal 1 Syawal sudah sering terjadi di negeri yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam ini.

Demikian pula yang terjadi pada tahun 1434 H atau tahun 2013 sekarang ini.Organisasi massa berbasis keagamaan yang didirikan KH Achmad Dahlan,jauh hari yang lalu telah mengumumkan penetapan 1 Ramadhan jatuh pada hari Selasa Wage tanggal 9 Juli 2013.Metode penetapan yang dianut oleh Muhammadiyah dengan Hisab.Sedangkan pihak pemerintah Republik Indonesia ,Senin petang tanggal 8 juli 2013 baru menggelar sidang isbath guna menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1434 H.Pemerintah melalui Kementerian Agama akhirnya memutuskan penetapan dimulainya bepuasa alias 1 Ramadhan bertepatan dengan hari Rabu Kliwon tanggal 10 Juli 2013. Metode rukyah mendasari penetapan tanggal 1 Ramadhan tersebut sama dengan yang di gunakan Nahdatul Ulama,yakni dengan melihat ketinggian bulan.

Penetapan awal Ramadhan yang tidak berbarengan antara pemerintah dengan Muhammadiyah tidak perlu dipersoalkan ,apalagi di besar-besarkan.Sikapi saja secara arif bijaksana,kita harus saling menghormati atas setiap perbedaan pandangan yang ada,termasuk penetapan awal Ramadhan tahun ini,demikian juga nanti saat menetapkan tanggal 1 Syawal 1434 H,demikian penuturan Gus Chaffid pengasuh pondok pesantren Al Munawwir kepada kontributor klaten info sesaat sesudah Menteri Agama RI membacakan penetapan 1 Ramadhan 1434 H,yang bertepatan dengan hari Rabu,10 Juli2013.
Lebih jauh Ustadz muda ini mengajak “ Isilah bulan suci ini dengan segenap amalan dan ibadah yang baik ,disamping menjalankan puasa sebulan penuh untuk mencari keridoan Allah SWT,dengan demikian kita insyaallah  akan menjadi insan yang memiliki derajat ketaqwaan tinggi kepadaNya,inilah yang penting diperhatikan bagi umat muslim “.

Sebagaimana QS : Al Baqarah 183 : ‘ Hai orang-orang yang beriman,diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa ‘.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info