MENGGAGAS BEDIRINYA POKTAN UNGGUL DAN SEJAHTERA - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MENGGAGAS BEDIRINYA POKTAN UNGGUL DAN SEJAHTERA

MENGGAGAS BEDIRINYA POKTAN UNGGUL DAN SEJAHTERA

Written By kiswanto adinegara on Senin, 02 September 2013 | 00.31

    Dari kiri Supriyadi ketua,Sumarjono sekretaris dan Sumiyanto penasehat poktan Tirto Mulyo 



Karangnongko ~ Pada Sabtu Pon tanggal 8 Juni 2013,berbarengan dengan dua peristiwa besar yakni  haul mantan presiden RI kedua H Muhammad Soeharto almarhum  serta hari wafatnya Taufik Kiemas sang ketua MPR RI,ada pertemuan sejumlah warga,dirumah ketua RW 1.Pertemuan yang digelar pukul 20.00  - 22.00 WIB tersebut berada di padukuhan Kadilaju tepatnya di RT 03.Dihadiri sekitar 25 orang,terdiri dari petani,elit kampoeng dan sejumlah tokoh masyarakat.Substansi pokok dalam meeting itu adalah menggagas berdirinya sebuah kelembagaan kelompok tani,dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan anggotanya.

Salah satu tokoh masyarakat yang juga berperan sebagai penyuluh swadaya menyampaikan gambaran umum tentang hal ikhwal  kelompok tani .Mulai dasar hukum ,maksud ,tujuan serta proses pembentukkannya hingga teregistrasi oleh pemerintah kabupaten cq Dinas Pertanian Klaten.Keberadaan Poktan merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan pertanian,memiliki peran penting dan strategis.

Seluruh yang hadir secara aklamasi bersepakat membentuk sebuah kelompok tani.Sebagaimana konsep yang ditawarkan kelompok tani ini berbasis utama pada bidang tanaman pangan dan hortikultura,peternakan dan perikanan.
Malam itu juga sekaligus di susun struktur organisasi serta kepengurusan kelompok tani.Poktan ini terlahir dengan nama “ TIRTO MULYO”,yang bermakna air yang membawa kemuliaan khususnya bagi anggota dan warga sekitar pada umumnya.


    Suradi Kades Kadilaju,saat tandatangani berita acara pendirian poktan Tirto Mulyo



Dalam struktur organisasi terdapat kepala desa Kadilaju sebagai pelindung,disertai tim penasehat bidang keuangan dan investasi (Sumiyanto),bidang kelembagaan dan tanaman pangan & hortikultura (TPH) (Kiswanto),bidang peternakan (Haryoko) dan bidang perikanan (Susanto).Ketua  Supriyadi,wakil ketua Ngadiso,Sekretaris  Marjono dan Suratman ,bendaharawan Sukeni dan Wuryanto,seksi pengendalian hama penyakit Mulyadi,seksi produksi Sunarto,seksi pengolahan dan pemasaran Jemiko dan seksi sarana dan prasarana Darjo  Utomo.Keanggotaan sementara ada sekitar 50 orang.

Setelah memperoleh izin dari kepala desa Kadilaju (Suradi) yang dituangkan dalam berita acara pembentukan,serta persetujuan ketua Gapoktan Tirto Kecana(Jumbadi) ,diadakan konsultasi dengan Petugas penyuluh pertanian kecamatan Karangnongko (Okky) untuk mendapat pengesahan bersama camat Karangnongko.Kemudian dikirim kepada kepala Dinas Pertanian cq koodinator kelompok jabatan fungsional (KJF) di Diperta Klaten untuk memperoleh pengukuhan.

Dalam pertemuan perdana Rabu wage, 28 Agustus 2013 ,dirumah Sumiyanto poktan mematok konsep visi “Menjadi Poktan Unggul dan Sejahtera “ .Guna mewujudkan visi tersebut  di dukung dengan 5 misi meliputi :
1.    Memantapkan kelembagaan;
2.    Meningkatkan kualitas SDM;
3.    Optimalisasi pemanfaatan SDA berwawasan lingkungan,
4.  Meningkatkan produksi & produktivitas usaha;
5.    Meningkatkan kordinasi ,komunikasi dan kerjasama

Disamping itu menetapkan rencana jangka pendek diantaranya pertemuan rutin setiap selapan yakni hari Sabtu Pon,malem Minggu Wage di kantor serta tempat pertemuan rumah bapak Haryoko.Untuk menggali dana anggota mengadakan iuran wajib Rp 2.000,00 setiap lapan.

Hingga akhir 2013 program yang di usung meliputi Validasi data pokok,pembuatan administrasi dan kegiatan fisik. Kegiatan fisik yang dirancang adalah pembuatan kolam ikan terpadu,mulai pembesaran,pemancingan,teraphy ikan serta kuliner dan jenis kegiatan penunjang lainnya ,pada lahan sawah seluas kurang lebih 1.800 meter persegi,memanfaatkan tanah kas desa di selatan mata air Beran ,kulon padukuhan Kadilaju.

Suradi kepala desa Kadilaju selaku pelindung mengatakan saat menandatangani berita acara di kantornya ,bahwa poktan Tirto Mulyo yang baru lahir ini digadang –gadang kedepan menjadi panutan dan contoh keberhasilan di desa Kadilaju…”

Pada kesempatan lain Pariman saat mendampingi Widiyanti kordinator KJF Dinas Pertanian Klaten yang membidangi SDM berharap poktan Tirto Mulyo tumbuh secara baik, maju, mandiri dan tidak terlalu berharap bantuan dari pemerintah.Pariman yakin kedepan kelompok yang mantap akan solid dan maju karena memiliki SDM yang handal dan kompeten di berbagai bidang,ungkapnya.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

2 komentar:

  1. Kelembagaan pelaku utama dalam bentuk poktan ini kedepan didesain akan memiliki fungsi sebagai wadah proses pembelajaran,wahana kerjasama,unit penyedia sarpras produksi,unitproduksi,unit pengolahan dan pemasaran,serta unit jasa penunjang.

    Diharapkan peran pemerintah daerah adalah memfasilitasi dam memberdayakan poktan agar tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang kuat dan mandiri sehingga mampu mencapai visi dan misi yang telah dicanangkan.

    BalasHapus

  2. Ayo dukung embrio "Gerakan Kadilaju berubah dan bangkit menuju hari esok lebih baik.."

    Like n share ke semua yang peduli ...........................tqvm

    BalasHapus

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info