GANJAR PRANOWO DIMINTA PRIORITAS MENYEJAHTERAKAN PETANI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » GANJAR PRANOWO DIMINTA PRIORITAS MENYEJAHTERAKAN PETANI

GANJAR PRANOWO DIMINTA PRIORITAS MENYEJAHTERAKAN PETANI

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 13 Oktober 2013 | 21.32

  
Penting peran dan fungsi peyuluhan terhadap peningkatan kesejahteraan petani.



Klaten ~ Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengancam akan memberikan teguran keras pada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, apabila dalam memimpin tidak mampu mensejahterakan petani.

"Ganjar yang baru saja terpilih, kalau tidak mensejahterakan kaum taninya lebih dulu, maka tak sembelih kamu, wedi dek e (takut dia). Enaknya ketua umum partai itu gitu lho," kata Megawati dalam pidatonya di acara peneguhan terhadap pola kedaulatan pangan nasional dan penanaman kedelai lokal, di Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek ,kabuapten  Bantul ,DIY (Minggu ,29/9/2013).

"Mumpung di sini banyak kepala daerah, saya ingin ingatkan, utamakan kepentingan petani untuk kedaulatan pangan di Republik kita ini," kata Mega(tribunnews.com,bantul)

Memang prihatin rasanya melihat fakta bahwa di negeri agraris ini sebagian besar bahan pangan pokok dipenuhi dengan cara impor.Kebijakan impor pangan dan produk-produk pertanian jelas tidak berpihak pada peningkatan kesejahteraan jutaan petani di negri ini.

Revitalisasi pertanian,kehutanan dan perikanan telah dicanangkan namun serasa hanya seperti ‘obor blarak’ dan akhirnya jalan ditempat.

Menurut BPS Jateng (2011),bahwa produktivitas padi di Jateng tahun 2011 mencapai 54,47 kuintal/hektar atau turun 2,95 % ,total produksi padi juga turun sebesar 7,11 % ,sementara luas panen mengalami penurunan 4,28 % jika dibandingkan dengan tahun 2010.

Revitalisasi Peran dan Fungsi penyuluhan

Guna meningkatkan kesejahteraan petani padi salah satunya adalah dengan cara meningkatkan produksinya.Sedangkan produksi sangat dipengaruhi faktor provitas dan luas panen.Permasalahan mendasar rerata kepemilikan lahan pertanian rendah yakni  < 0,3 ha/kapita dan laju alih fungsi lahan pertanian pangan (padi) ke non pertanian sangat tidak terkendali.

Kebijakan pemerintah provinsi Jateng dalam rangka menyejahterakan petani perlu mengambil langkah-langkah strategis secara terencana, terpadu dan berkelanjutan.

Petani harus diberdayakan dengan mengoptimalisasi peran dan fungsi penyuluhan pertanian,perikanan dan kehutanan.Lembaga dan SDM penyuluhan harus dievaluasi dan direvitalisasi mulai dari provinsi,kabupaten/kota,kecamatan,desa,hingga padukuhan.

Pelibatan masyarakat dalam pengambilan kebijakan penyuluhan sangat penting dan strategis dengan memberdayakan Komisi Penyuluhan yang ada di semua jenjang pemerintahan (provinsi dan kabupaten /kota).

Adanya kekurangan SDM tenaga penyuluh PNS pemerintah dapat mendorong tumbuhnya penyuluh –penyuluh  swasta dan swadaya di masyarakat.

Walaupun  kini telah berada dalam era teknologi irformasi,namun sejatinya mayoritas petani kita adalah didominasi kaum tua yang pendidikannya relatif rendah.Kawula muda enggan menjadi petani.Sehingga peran pendampingan dalam penyuluhan tetap diperlukan.Sejatinya tujuan penyuluhan adalah untuk merubah perilaku (pengetahuan,sikap dan keterampilan ) petani sasaran agar mereka dapat mengambil keputusan terbaik dalam berusahatani sehingga kesejahteraannya meningkat.

NTP sebagai Tolok Ukur

BPS Jateng merilis bahwa Nilai Tukar Petani (NTP) di Jateng tahun 2012 sebesar 106,37 % berarti ada kenaikan 0,55 % ,dari 105,78% pada tahun 2011.

erkait pengereman laju alih fungsi lahan pertanian pangan ke non pertanian,perlu segera dibuat ,diimplementasikan dan ditegakannya perda PLPBP yang telah ada baik di provinsi maupun kabupaten/kota di Jateng.

Semoga, Ganjar Pranowo dapat menjadikan NTP sebagai salah satu barometer pengukur kesejahteraan petani  untuk 5 tahun kedepan ,diakhir pengabdiannya.Apakah turun,stabil atau meningkat signifikan ?


Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info