MEMBANGUN BUDAYA BARU SAMBUT 1 MUHARRAM - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MEMBANGUN BUDAYA BARU SAMBUT 1 MUHARRAM

MEMBANGUN BUDAYA BARU SAMBUT 1 MUHARRAM

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 07 November 2013 | 22.20

    Gus Chafidz (ber jas hitam),sesaat rampung pimpin acara di masjid  Lailatul Qodar



Karangnongko ~ Manakala datang tanggal 1 Januari tahun Masehi dapat dipastikan masyarakat Indonesia antusias menyambutnya dengan hingar bingar.Berbagai  aneka pesta dengan suka cita digelar baik kawula muda ,remaja dan manula lazimnya menghabiskan waktu hingga larut malam bahkan tak jarang hingga dini hari.Kemeriahan tersebut dinilai sejumlah pihak khususnya dilihat dari nilai-nilai keagamaan kurang pas .

Salah satu contoh acara yang lumrah digelar seperti pesta kembang api,pesta petasan ,pesta terompet dan lain sebagainya,kegiatan tersebut cenderung menghambur-hamburkan uang ,mengganggu lingkungan sehingga banyak mudharat katimbang manfaatnya,demikian penuturan Widodo Danu mengomentari bedanya respon masyarakat terhadap tahun baru Masehi dengan Hijriyah.

Umat muslim sejatinya juga memiliki kalender tersendiri.Tahun Islam atau lazim disebut tahun Hijriyah,memiliki 12 bulan yang diawali dari Muharram,Shafar,Rabiul Awal,Rabiul Akhir,Jumadil Ula,Jumadil Akhir,Rajab,Sya’ban,Ramadan,Syawal ,Dzulqoidah dan Dzulhijjah.Sebagai kaum muslim sudah semestinya tidak melupakan tahunnya sendiri.

Untuk itu perlu dibangun budaya baru mulai dari diri sendiri,keluarga dan umat untuk lebih mengenal dan menghargai tahun Islam.Anak-anak sejak dini dilingkungan keluarga seyogianya sudah mulai diperkenalkan dengan tahun Hijriyah.

Memasuki tahun baru Islam,1 Muharram 1435 Hijriyah yang bertepatan dengan hari Selasa Pon,tanggal 5 November 2013,umat muslim di Kadilaju mulai membangun budaya baru.Mengingat selama ini ketika terjadi pergantian tahun Islam ,tidak ada kegiatan khusus untuk menyambut kehadirannya.

Dipimpin kiai Muh Chafidz Tanwir sang pengasuh Ponpes Al Munawwir dimulai tanggal 30 Dzulhijjah 1434 H (Senin Pahing,4/11) yang merupakan hari terakhir tahun 1434 H,ba’da sholat Ashar diadakan  mujahadah bersama puluhan jamaah bertempat di masjid Lailatul Qodar. Dalam acara itu jamaah membaca Ayat Kursi ,doa-doa lain  dan sholat sunat penutup tahun 1434 H dan pembuka tahun 1435 H.

Hakekat diselenggarakannya mujahadah adalah untuk instropeksi diri atau muhasabah ,dan bersukur atas umur panjang yang dikaruniakan oleh Allah SWT.Berharap ridho Allah SWT tahun yang baru menjadi lebih baik dalam beramal dibanding tahun kemarin .Cara demikian dipandang lebih Islami dan tidak berhura-hura serta menghamburkan uang tanpa manfaat.

Semoga ini menjadi awal membangun budaya baru setiap memasuki tahun baru Islam kedepan,demikian penuturan dan harapan Gus Chafidz  seusai acara kepada kontributor klaten info.

Acara mujahadah berakhir hingga sholat Isak tiba,dan sebelumnya juga dibarengi buka bersama bagi yang menjalankan puasa sunah.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info