GANJAR PRANOWO TIDAK SERIUS TANGANI PERTANIAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » GANJAR PRANOWO TIDAK SERIUS TANGANI PERTANIAN

GANJAR PRANOWO TIDAK SERIUS TANGANI PERTANIAN

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 13 Desember 2013 | 21.11

    Sawah petani gurem 

Klaten ~  Menurut Hadi Santoso anggota komisi D DPRD Provinsi  Jawa Tengah (KR , 6/12) Ganjar Pranowo sebagai gubernur dinilai tidak serius untuk mengimplementasikan kebijakan ‘kartu tani’ pada tahun anggaran 2014 nanti.

Pada saat kampanye pemilukada provinsi Jateng Ganjar Pranowo menjanjikan akan membuat kartu tani dalam rangka membantu petani dan nelayan di Jateng apabila menang.Kartu tani itu isinya untuk pemberian subsisdi pupuk bagi petani dan BBM jenis solar bagi nelayan.

Ketidak seriusan Ganjar Pranowo dalam mewujudkan kartu tani menurut Hadi Santoso dapat dilihat dari kebijakan anggaran pada APBD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014.Dalam APBD yang telah disahkan tersebut terlihat bahwa alokasi anggaran pada SKPD Dinas Pertanian dan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Jateng mengalami penurunan,manakala dibandingkan dengan tahun 2013 ini.

Terlihat penurunan alokasi anggaran tersebut jika kedua APBD 2013 dan 2014 disandingkan :

Pada Dinas Pertanian tahun 2013 sebesar Rp 341,9 miliar sedangkan 2014 hanya Rp 323,28 miliar,jadi mengalami penurunan sekitar Rp 18,6 miliar.

Pada Dinas Kelautan dan Perikanan tahun 2013 sebesar Rp 85,33 miliar sementara tahun 2014 hanya Rp 79,8 miliar,atau turun Rp 5,53 miliar,jelas Hadi Santoso.

Kalau memang Gubernur serius mendukung program pertanian dan perikanan dalam bentuk kartu tani dan nelayan logikanya anggaran di dua SKPD tersebut pada tahun 2014 dan seterusnya meningkat,bukan malah turun.

Yang lebih aneh lagi jumlah petani di Jateng sekitar 4,2 juta orang,sementara kartu tani hanya dirancang sejumlah 30.000 buah.Dan yang 30.000 itu diprioritaskan bagi ‘petani marhaen’.Kebijakan ini dinilai masyarakat diskriminatif dan kental berbau politis.

Saat ini Ganjar adalah Gubernur Jateng mestinya berpihak kepada semua petani tanpa membedakan baju atau jaketnya,berbeda ketika saat berkampanye dulu.

Supriyadi ketua kelompok tani Tirto Mulyo di Karangnongko mengaharapkan kebijakan Gubernur Jateng hendaknya berpihak kepada petani ,yang jumlahnya jutaan orang mengingat petani identik dengan kaum miskin diperdesaan.Dalam pendistribusian segala bentuk ,bantuan kepada petani hendaknya dilakukan secara adil dan transparan,harapnya.

Oleh : Kiswanto






Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info