MENGENAL MADU DAN KHASIATNYA BAGI KESEHATAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MENGENAL MADU DAN KHASIATNYA BAGI KESEHATAN

MENGENAL MADU DAN KHASIATNYA BAGI KESEHATAN

Written By kiswanto adinegara on Senin, 23 Desember 2013 | 17.10

Madu yang banyak fungsi dan mafaat bagi manusia.



Karangnongko ~ Di era 90 an ada lagu berjudul ‘Madu & Racun’ yang sangat ngetop.Madu dapat dimaknai rasa manis sedangkan racun adalah pahit.Madu akan menyehatkan sedangkan racun akan mematikan.

Menurut Buku Pintar Penyuluhan Kehutananan (1997) ,Madu tawon atau lebah merupakan hasil hutan nonkayu yang didapatkan dari sarang tawon di hutan.Madu ini berasal dari tumpukan atau persediaan makanan bagi lebah pada musim pohon tidak berbunga.

Madu memiliki berbagai macam manfaat untuk pengobatan seperti penyakit radang tenggorokan,ginjal,jantung ,liver dan merangsang syarat yang lemah.

Selain diminum untuk obat madu juga berguna untuk maskara,menggurihkan rasa daging dengan cara mengoleskan madu pada daging sebelum direbus.

Sejatinya sebelum diabad modern ini khasiat madu dapat dibuktikan secara ilmiah, 14 abad yang lalu fungsi dan manfaat madu lebah telah dijelaskan dalam Al-Qur’an.”……….Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya,didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkannya “ (An-Nahl :68-69).

Demikian juga Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam juga meminumnya dan dicampur dengan air sebelum makan pagi.Madu merupakan gizi yang dapat dicampur dengan gizi lain,obat yang dapat dicampur dengan obat,minuman yang dapat dicampur dengan minuman,manisan yang dapat dicampur dengan hidangan lain.

Tidak ada sesuatu yang diciptakan untuk kita yang lebih baik darinya dan yang menyerupainya (Ibnul Qayyim Al-Jauziyah dalam bukunya Zadul Ma’ad ).

Demikian hebatnya khasiat madu ,maka tidak jarang ada produsen madu yang nakal dengan cara memalsukannya atau mencampuri madu asli dengan bahan lain,dengan demikian khasiatnya sangat diragukan sebagaimana yang asli.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info