MODAL SEMANGAT POKTAN TIRTOMULYO INGIN WUJUDKAN USAHA PERIKANAN TERPADU - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MODAL SEMANGAT POKTAN TIRTOMULYO INGIN WUJUDKAN USAHA PERIKANAN TERPADU

MODAL SEMANGAT POKTAN TIRTOMULYO INGIN WUJUDKAN USAHA PERIKANAN TERPADU

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 10 Desember 2013 | 19.05

    Tamu dari Pemkab Klaten menerima penjelasan konsep dari ketua dan penasehat Poktan .



Karangnongko  ~ Ibarat bayi baru saja lahir dari kandungan sang Ibu.Apalah yang bisa diperbuat seorang bayi yang lagi berusia tujuh bulan ,kecuali merengek dan menangis manakala lapar ,haus atau sakit ?

Demikian halnya sebuah kelompok tani (Poktan ) yang diberi tetenger “Tirto Mulyo”.Makna harfiah yang dikandung ‘Tirto’ adalah air,sedangkan ‘Mulyo’ yakni kemuliaan,jadi dari keberadaan air sebagai karunia Tuhan YME diharapkan akan mejadikan kemuliaan bagi kelompok tani khususnya dan warga masyarakat Kadilaju umumnya.

Poktan yang hadir ditengah carut marutnya kebijakan pemerintah yang tidak sepenuhnya berpihak pada wong cilik diantara petani,serta hebatnya persaingan untuk bangkit mandiri hanya bermodalkan tekad dan semangat berapi-api.

Poktan yang lahir  6 Juni 2013,tidak di skenario ternyata bertepatan dengan hari lahirnya “Bapak Pembangunan”  Soeharto presiden RI kedua yang sangat peduli terhadap nasib jutaan petani pada zamannya.

Poktan ‘bayi’ ini bermarkas di padukuhan Kadilaju RT 02/RW 1,desa Kadilaju,kecamatan Karangnongko,kabupaten Klaten 57483 ,dengan alamat email tirtomulyo86@yahoo.com atau bisa diakses via face book dengan nama Tirto Mulyo.

Poktan yang baru hadir ini menggagas dan mengusung cita-cita tinggi  setinggi langit,sebagaimana pesan founding fathers Soekarno sang proklamator negeri ini.Membuat grand design pengembangan ekonomi berbasis kerakyatan.

Cita-cita luhur dan asa yang besar inilah yang dijadikan modal utama sebagai garis besar haluan kelompok yang harus dicapai.Diraih dan direngkuh dengan perjuangan.

Cita-cita mulia itu sebagaimana visi yang telah dicanangkan yakni “Menjadi Kelompok Tani Unggul dan Sejahtera” ,elite pengurus beserta jajarannya didampingi tim penasehat bertekad sekuat tenaga mewujudkan impian tersebut.

Impian mulia itu ,akan diwujudkan dengan rancangan panca misi yang  meliputi :

1.    Memantapkan kelembagaan;
2.    Meningkatkan kualitas SDM;
3.    Optimalisasi pemanfaatan SDA berwawasan lingkungan;
4.    Meningkatkan produksi dan produktivitas usaha dan
5.    Meningkatkan kordinasi ,komunikasi dan kerjasama.

Dalam rangka optimalisasi pemanfaatan sumberdaya air yang melimpah dengan berwawasan lingkungan,poktan merancang pengelolaan usaha perikanan terpadu.Usaha itu didesain agar dapat berproduksi dan memiliki produktifitas optimal.

Untuk mencapainya dengan menggandeng dan berkerjasama dengan para pihak baik pemerintah,swasta dan lembaga pendidikan yang ada.

Tahap awal site plan pengelolaan usaha perikanan terpadu telah dibuat dan akan direalisasikan tahun 2014.Proposal telah dibuat untuk  pengadaan prasarana dan sarana yang dibutuhkan sebesar Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) agar usaha segera dapat dimulai.

Poktan memilih dan mengharap pemerintah daerah mau merespons inisiasi kreatif ini dengan mengabulkan usulan kegiatan serta kebutuhan biaya itu dipenuhi dengan APBD kabupaten Klaten tahun 2014.

Konsep penggarapan usaha ini adalah multi years,demikian dijelaskan ketua poktan Supriyadi didampingi Marjono sekretaris dan tim penasehat  secara komplit.

Supriyadi berharap adanya donatur lain yang peduli membantu percepatan perwujudan visi besar yang hanya bermodalkan semangat ini saat menutup pembicaraan dengan kontributor klaten info.

Oleh : Kiswanto
  

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info