TEROMPET DAN KEMBANG API DI MALAM TAHUN BARU - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » TEROMPET DAN KEMBANG API DI MALAM TAHUN BARU

TEROMPET DAN KEMBANG API DI MALAM TAHUN BARU

Written By kiswanto adinegara on Senin, 30 Desember 2013 | 00.53

 
Lapak kembang api merajalela sambut tahun baru.

Karangnongko ~ Tinggal semalam lagi tahun 2013 akan berakhir.Berakhirnya tahun 2013 adalah pukul 00.01 tepat pada tanggal 31 Desember akan bergulir dan berganti memasuki tahun baru , 1 Januari 2014.Ya setahun cepat rasanya.

Satu hari hanyalah 24 jam , dan satu tahun hanyalah 365 hari ,demikian waktu yang ada bagi semua manusia,yang berbeda adalah cara mengelolanya sehingga berakhir sebagai manusia yang bermatabat,dan terhormat atau  sebagai manusia sesat dan terlaknat.

Kalimat diatas patut dijadikan renungan untuk mawas diri apakah tahun ini raport kita telah lebih baik dibanding tahun lalu ? Dan akankah 2014 yang akan tiba juga lebih baik dibanding 2013 ?

Sering kita terjebak hura-hura tanpa makna dimalam tahun baru.Kita terlarut dengan budaya yang bukan barang asli Indonesia yang terkadang banyak mudharat katimbang manfaatnya,seperti pesta petasan dan kembang api yang perlu dana tidak sedikit.Juga tiupan terompet yang tanpa makna  ditengah heningnya malam dimana sebagian orang tengah lelap beristirahat.

Tahukah Anda dari mana budaya Terompet dan Kembang api berasal ?

Meniup terompet ditahun baru merupakan tradisi yang berawal dari abad pertengahan.Waktu itu bangsa Eropa menjadikan tanggal 25 Maret sebagai awal tahun baru.Mereka menyebut hari itu sebagai hari Raya Pemberitahuan.Kemudian pada tahun 1582 saat kalender Gregorian mulai dikenal kerajaan Eropa merayakan tahun baru setiap tanggal 1 Januari.

Meniup terompet awal mulanya merupakan cara orang-orang kuno untuk mengusir setan.

Sedangkan menyalakan kembang api dan petasan adalah tradisi bangsa China untuk mengusir setan dan mendatangkan keberuntungan (SM,29/12)

Ya,sepatutnyalah kita mulai berpikir rasional untuk memperingati malam tahun baru dinegeri yang pluralisme ini,yang penting saling menghargai dan toleransi dan mohon kepada Allah SWT agar dalam tahun baru kita  memperoleh rido dan keberkahan dariNya.

Selamat tahun baru , 2014.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info