DIKALA SAKIT SERAHKAN AHLINYA JANGAN DATANGI DUKUN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » DIKALA SAKIT SERAHKAN AHLINYA JANGAN DATANGI DUKUN

DIKALA SAKIT SERAHKAN AHLINYA JANGAN DATANGI DUKUN

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 22 Januari 2014 | 20.25

Saat sakit dirawat dokter spesialis di sebuah RS.



Karangnongko ~ Acapkali ketika manusia menderita sakit tidak sabar ,suudzon dan putus asa terlebih manakala musibah itu berkepanjangan.

Kita simak tuntunan Rasulullah SAW ketika musibah sakit itu menghampiri.

1.Manakala sakit bersabarlah.

‘Berilah kabar gembira pada orang yang tunduk patuh,yaitu orang-orang yang apabila disebut asma Allah bergetarlah hati mereka dan mereka sabar terhadap musibah yang menimpa mereka’ (QS Al Haj : 34-35).

2.Senantiasa berbaik sangka kepada Allah SWT.

Rasulullah bersabda ‘Allah berfirman : Aku senantiasa bersama bersangkaan hambaKu,terhadapKu’

Prasangka baik kepada Tuhan YME diantaranya pertama dengan sakit itu akan bisa sembuh,optimislah setiap penyakit pasti ada obatnya ,kedua bahwa sakit itu cubitan kasih dariNya ,maka bergembiralah,karena kegembiraan hati itu setengah dari kesembuhan.Ketiga bahwa sakit itu sebuah teguran dariNya,maka perbaikilah diri dan bertobatlah atas dosa-dosa yang telah dikerjakan,serta jangan pernah berputus asa dari rahmatNya.

3.Jika sakit cepatlah berobat.

‘Berobatlah,maka sesungguhnya Allah tidak mendatangkan penyakit ,kecuali juga mendatangkan obatnya,kecuali satu yang tiada obatnya yakni ketuaan’ (HR Tirmidzi)

4.Berdoalah minta kesembuhan.

‘Ya Allah ,Tuhan manusia,jauhkanlah dari penderitaan ,sembuhkanlah (aku) engkaulah dzat yang memberi kesembuhan tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu,kesembuhan yang tidak meninggalkan penderitaan’ (HR Bukhori Muslim).

5.Bolehlah bershodaqoh.

Ada sebuah hadits ‘Berobatlah dari sakitmu dengan bershodaqoh’.Dan seorang Tabi’in menjelaskan ‘Barangsiapa yang menahan shodaqohnya (pelit) maka Allah akan menahan kesehatannya (sehingga sering sakit-sakitan)’ dari kitab Tambighulghafilin : 272.

6.Jangan pergi kedukun.


Pergi kedukun bisa menjadikan musyrik atau syirik,sembuh belum tentu,syirik jelas baik itu dengan jampi-jampi ,rajah ,dan jimat.

Nabiullah SAW bersabda ' Barangsiapa mendatangi dukun ,maka ibadahnya tidak diterima oleh Allah SWT dan barangsiapa percaya kepadanya maka sesungguhnya ia telah kafir’

7.Jika sakit boleh diobati dengan bekam atau rukyah ,yakni doa-doa ,ma’tsurat yang diajarkan Rasulullah ,dengan air putih lalu dibacakan Al Fatihah , Al Falaq ,Annas dan Al Ikhlas lalu diminum dan ayat-ayat lain yang mu’tabarah.

8.Pergi dan serahkan pada ahlinya (dokter) ,karena segala sesuatu urusan kalau tidak diserahkan pada ahlinya maka tunggulah kehancurannya ,Al Hadits.

Semoga bermanfaat.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info