KADILAJU CANANGKAN ‘GERAKAN MINGGU BERSIH’ - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » KADILAJU CANANGKAN ‘GERAKAN MINGGU BERSIH’

KADILAJU CANANGKAN ‘GERAKAN MINGGU BERSIH’

Written By kiswanto adinegara on Senin, 27 Januari 2014 | 18.33

 Ibu-Ibu RT 03 RW 01 Kadilaju ,bersiap melaksanakan GMB (26/1)



Karangnongko ~ Peribahasa yang populer terkait dengan kebersihan adalah ‘Bersih Pangkal Sehat’.Ada juga ‘Bersih adalah sebagian dari Iman’ . Bersih itu indah dan lain sebagainya.

Sehubungan dengan itu Ibu-Ibu warga Kadilaju khususnya Rukun Warga 01 ,yang terdiri dari 3 Rukun tetangga kira-kira tiga bulan yang lalu mencanangkan ‘Gerakan ‘Minggu Bersih’(GMB).Kegiatan itu digagas Ibu Agus Sumedi selaku isteri kepala padukuhan Kadilaju ,desa Kadilaju , kecamatan Karangnongko.

Motivasi dicanangkannya kegiatan itu yakni dalam rangka mengimplentasikan salah satu program PKK desa yang terkait dengan lingkungan hidup.Padukuhan Kadilaju yang berada dekat dengan kota kecamatan Kemalang menjadi show window nya Desa Kadilaju,dengan demikian dipandang penting dan strategis ikut menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup ,utamanya kebersihan lingkungan permukiman.

Gerakan  pembersihan lingkungan utamanya jalan serta gang dari sampah dengan cara menyapu.Mengingat di padukuhan ini masih banyak pohon-pohon yang daunnya berguguran sebagai sampah.Untuk sementara diselenggarakan setiap hari Minggu ,sekitar pukul 14.00 WIB hingga selesai pukul 16.00 WIB.Kegiatan ini dinamai ‘Gerakan Minggu Bersih’ ,demikian penuturan Ibu Agus kepada kontributor klaten info.


  Gapura batas Desa Kadilaju dengan kota kecamatan Kemalang berada di RW 01



Setiap gerakan diikuti ratusan Ibu-Ibu.Pembersihan dilakukan secara serentak dimulai dari jalan lingkungan RT masing –masing ,dilanjutkan seluruh Ibu-Ibu berkumpul di perempatan RT 02 untuk mengadakan arisan.Dengan iuran Rp 1.000,00 per orang , setelah diundi ada 3 orang yang mendapatkan masing-masing senilai Rp 30.000,00 .Nilainya tidak banyak ,yang penting untuk meningkatkan ukuwah silaturahim antar warga,kata Warti isteri ka RT 03 .

Kalau pada saat gerakan ada yang absen maka sekali tidak hadir dikenakan sanksi iuran Rp 1.000,00 ,ini untuk mengikat dan mendisiplinkan anggota ,kecuali kalau sakit dibebaskan dari denda kata Sunarmi.Jika empat kali berturut-turut tidak aktif ,akumulasi dendanya per orang menjadi Rp 5.000,00.Hasil dari kumpulan punishmet untuk kas paguyuban GMB Ibu-Ibu RW 01,imbuhnya.

Dengan dilaksanakannya GMB menurut pantauan memang hasilnya lingkungan terlihat bersih .Kendala yang dihadapi adalah jika hujan maka kegiatan terancam berhenti.Disamping itu yang dapat disapu pada GMB hanyalah sampah yang berada di jalanan,sementara untuk rumput yang tumbuh subur sulit untuk dibersihkan.

Semoga kegiatan GMB ini menjadi inspirasi Ibu-Ibu di padukuhan lain.Kendatipun masih banyak kekurangan namun GMB akan terus dievaluasi dan disempurnakan demi kebersihan lingkungan permukiman terjaga secara berkelanjutan,demikian harapan Ibu Mardi Utomo dari RT 01.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info