PEMDES KADILAJU GELAR MUSRENBANGDES - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » PEMDES KADILAJU GELAR MUSRENBANGDES

PEMDES KADILAJU GELAR MUSRENBANGDES

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 30 Januari 2014 | 05.03

Kepala desa dan Sekdes Kadilaju saat memandu Musrenbang (30/1)

Karangnongko ~ Dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan tahun anggaran 2015 pemerintah desa Kadilaju menggelar musyawarah perencanaan pembangunan tingkat desa.Musyawarah ini familiar disebut Musrenbangdes.

Musrenbangdes dilaksanakan pada Kamis Wage , 30 Januari 2014 ,bertempat di Aula Balai Desa Kadilaju.Diikuti seluruh ketua RT , ketua RW ,kepala Padukuhan ,ketua Poktan / Gapoktan, unsur BPD  serta tokoh masyarakat di desa Kadilaju.Demikian laporan Purdadi selaku sekretaris desa sekaligus membuka rapat pada pukul 10.30 WIB.

Kepala desa Kadilaju Suradi dalam pengarahannya menyampaikan beberapa hal ,diantaranya bahwa Rencana Strategis Desa Kadilaju periode 2010 – 2014 telah berakhir,sehingga harus menyusun lagi untuk periode 2015 – 2019.

Hasil musrenbangdes kali ini,sebelum dibawa dalam Musrenbang kecamatan Karangnongko akan diverifikasi oleh Tim verifikator tingkat desa.Verifikasi dilakukan setelah merekap seluruh usulan dari masing-masing padukuhan.Usulan program/kegiatan fisik dan non fisik mencakup bidang sosial,ekonomi ,dan budaya.Dari keseluruhan usulan akan dibuat skala prioritas pelaksanaannya pada tahun 2015.

Menyongsong diberlakukannya UU Desa yang telah ditetapkan 18 Desember 2013 , pemdes akan berupaya meningkatkan kualitas SDM utamanya perangkat desa dan akan bekerjasama dan minta dukungan tokoh masyarakat dan segenap warga desa.Mengingat tugas dan tanggung jawab pemdes kedepan tidak mudah dan ringan.


  Peserta Musrenbangdes Kadilaju

Salah satu peserta dari RW 01 , unsur Tomas RT 03 menyampaikan usulan adanya pembenahan mekanisme musrenbangdes,yang menghendaki sebelumnya diadakan pra musren dilevel padukuhan.Sehingga pada saat musrenbangdes rekapitulasi usulan progiat sudah merupakan kesepakatan dilevel padukuhan.

Disamping itu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani ,perlu program revitalisasi pembangunan pertanian dalam arti luas ,yang didahului dengan menetapkan kelembagaan pos penyuluhan desa dan penyusunan programa penyuluhan pertanian ,perikanan dan kehutanan desa.

Untuk keasrian lingkungan dan keteduhan jalan desa perlu adanya kegiatan penghijauan perindang jalan dengan jenis tanaman yang multiguna seperti turi,usulnya yang diapresiasi Kades.

Minggu depan diharapkan verifikasi dan penentuan skala prioritas usulan progiat sudah selesai,sehingga dapat dipersiapkan untuk dibawa utusan desa dalam musrenbang kecamatan medio Februari 2014.

Musrenbangdes berjalan lancar dan tertib kemudian ditutup oleh kepala desa Kadilaju.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info