DINDING KOLAM ‘AMBROL’ GARA-GARA HUJAN DERAS - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » DINDING KOLAM ‘AMBROL’ GARA-GARA HUJAN DERAS

DINDING KOLAM ‘AMBROL’ GARA-GARA HUJAN DERAS

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 04 Februari 2014 | 19.14

Kerusakan kolam berupa ambrolnya dinding talud sisi kanan.



Karangnongko ~ Intensitas curah hujan beberapa hari terakhir memang cukup tinggi ,dan kadang disertai angin kencang.Akibatnya sebagian dinding talud sisi utara pada dua kolam ikan yang dikelola kelompok Tani Tirto Mulyo di Kadilaju ambrol,demikian dituturkan Supriyadi selaku ketua Poktan kepada kontributor klaten info.

Dari dua kolam ukuran masing-masing sekitar sembilan puluh enam meter persegi  yang sudah siap tabur benih ikan akhirnya hanya satu yang diisi ikan jenis nila merah.Jumlahnya mencapai ratusan ekor dan masing-masing panjangnya kira-kira 10 – 15 cm.

Ambrolnya dinding talud kolam disamping akibat derasnya hujan , diduga pasangan batako itu kurang kuat menahan tekanan aliran air permukaan serta secara teknis tidak dilengkapi otot-otot atau tulang pada pasangannya.Kerusakan kolam utara cukup parah ,kerugian ditaksir hingga mencapai jutaan rupiah.

Hingga saat ini kerusakan kolam belum diperbaiki mengingat situasi dan kondisi yang masih sering hujan deras.Menunggu beberapa bulan kedepan dimana diperkirakan hujan sudah mulai jarang.

Untuk menjaga keamanan pada waktu malam hari di area kolam ikan juga telah dipasangi sekurangnya dua buah titik lampu yang cukup terang .Namun demikian beberapa hari yang lalu salah satu warga melihat ada  orang ‘nakal’ nekat mencuri dengan cara memancing saat tengah malam.Agar tidak dikenali mereka memakai helm kata Supriyadi.

Rencanannya pada pertemuan Poktan yang rutin digelar saban Sabtu Pon atau malam Minggu Wage (8/2) di kantor dan tempat pertemuan rumah Pak Haryoko akan dibahas mengenai beberapa hal utama yakni perbaikan kerusakan kolam ,meningkatkan keamanan, dan  realisasi program kerja 2014 .

Disamping itu membahas dan pemutakhiran rancangan usulan program/kegiatan tahun 2015 yang akan disampaikan pada agenda verifikasi hasil Musrenbangdes  Kadilaju, demikian imbuhnya saat mengakhiri perbincangan.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info