HUJAN DERAS YANG DITUNGGU BERSIHKAN ABU WARGA MERASA LEGA - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » HUJAN DERAS YANG DITUNGGU BERSIHKAN ABU WARGA MERASA LEGA

HUJAN DERAS YANG DITUNGGU BERSIHKAN ABU WARGA MERASA LEGA

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 19 Februari 2014 | 00.28

Hujan deras , mampu bersihkan abu vulkanik Kelud yang bandel



Karangnongko  ~  Setelah lima hari abu vulkanik Gunung Kelud  membuat kalang kabut dan resah warga akhirnya hujan yang ditunggu turun.Selasa Pon ( 18/2 ) sekitar pukul 14.15 WIB tiba-tiba ada angin kencang bertiup dari arah utara  disertai petir menggelegar .Tidak lama angin yang membuat debu putih yang menempel didedaunan dan atap rumah  beterbangan  ,sehingga mengerikan walaupun tidak menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.

Sekitar lima menit kemudian hujan turun dengan intensitas sangat tinggi.Turunnya hujan ini menjadi berkah yang melegakan hati seluruh warga yang hampir sepekan direpotkan abu Kelud.Alhamdulillah akhirnya hujan turun juga , dan sekejap abu vulkanik di dedaunan dan atap rumah terlihat bersih ,sehingga tidak nampak putih lagi.Aliran air dari atap dan talang awalnya nampak begitu pekat berwarna kecoklatan ,demikian penuturan Sunarmi  warga Kadilaju kegirangan kepada kontributor klaten info.

Kalau disemprot pakai tanki habis berapa juta saja dan belum tentu bersih semua , imbuhnya.Kemudian hujan berhenti sejenak  ,kurang lebih sepuluh menit turun lagi yang tak kalah derasnya dibanding yang perdana.Yang terlihat  air yang jatuh dari tritisan dan talang mulai bening ,pertanda paparan abu diatap sudah semakin habis.

Setengah jam kemudian nampak semua  warga sibuk membersihkan sisa-sisa  abu dan pasir yang tersisa di halaman , teras , atap  dan lantai rumah.Keadaan sepekan paska paparan abu Kelud ,laksana  pepatah ‘panas setahun , terhapus oleh hujan sehari’ .Pasalnya abu vulkanik  Kelud yang tidak genap seminggu  serasa setahun lamanya,sementara hujan yang lazimnya turun setiap hari berhenti bagaikan musim kemarau, demikian disampaikan Ibu  Siti di Karangnongko.

Bu Endang di Pluneng , Kebonarum juga merasa lega atas turunnya hujan deras Selasa siang,sehingga tidak merepotkan .Pasalnya warungnya kupat tahu yang tak sepi pengunjung itu saban dibersihkan selalu saja kotor lagi oleh debu kelud yang beterbangan dari pohon dan atap rumah sekitarnya sehingga membuatnya risih,katanya.

Menurut pantauan kontributor klaten info wilayah Manisrenggo tidak seluruhnya diguyur hujan , dan untuk Kemalang , Karangnongko , Kebonarum dan Ngawen cukup deras dan merata.

Ngatimin warga tepus ngawen menuturkan kepada klaten info ,bahwa hujan yang turun Selasa cukup deras walaupun tidak terlalu lama.Bahkan Ngatimin menyesalkan atas kelupaan tidak menutup sumurnya yang tepat berada di tritisan rumahnya sehingga airnya kotor dan tidak dapat dikonsumsi .

Di Tanjungsari Manisrenggo , ada angin kencang dari arah utara dan hanya gerimis kecil demikian penuturan Adhita  via  telepon selulernya  kepada klaten info  saat Karangnongko diguyur hujan deras  Selasa ( 18/2 ) sekitar pukul  14. 20 WIB.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info