MALAM JUMAT WAGE TANGGAL 13 KELUD MELETUS HEBAT AKTIFITAS WARGA LUMPUH - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MALAM JUMAT WAGE TANGGAL 13 KELUD MELETUS HEBAT AKTIFITAS WARGA LUMPUH

MALAM JUMAT WAGE TANGGAL 13 KELUD MELETUS HEBAT AKTIFITAS WARGA LUMPUH

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 14 Februari 2014 | 05.14

 
Atap rumah warga dan pepohonan daunnya nampak putih terpapar abu vulkanik Kelud yang tebal (14/2)


Karangnongko ~ Sebagaimana prediksi Kabag Humas Basarnas dalam siaran persnya beberapa hari yang lalu,bahwa Gunung Kelud akan segera meletus (KR,11/2) ternyata menjadi kenyataan.Tepatnya hari Kamis Pon, kebetulan tanggal 13 Februari 2014 pukul 22.50 WIB atau malem Jumat Wage Gunung Kelud meletus hebat.

Semburan material vulkanik dan awan hitam membubung tinggi puluhan kilometer keangkasa disertai dentuman maha dahsyat yang terdengar hingga wilayah Jawa Tengah.

Pagi hari Jumat , 14 Februari 2014  sekitar pukul 04.30 WIB saya membuka pintu kok mencium bau belerang , dan setelah melihat kehalaman ternyata berwarna putih karena terpapar abu vulkanik  dan terjadi hujan abu yang cukup deras,demikian dituturkan Doni warga Karangnongko kepada kontributor klaten info.

Langit pagi itu terlihat gelap ,padahal lazimnya pukul 05.00 WIB sudah terang .Hal ini disebabkan hujan abu yang cukup tebal sehingga jarak pandang tinggal kira-kira 10 meter,imbuhnya.

Warga mengira Gunung Merapi erupsi ,namun setelah mencoba melihat di Televisi ternyata diketahui yang meletus adalah Gunung Kelud di Jawa Timur yang jaraknya lebih kurang 250 km .Tebalnya abu kira-kira mencapai  5 – 7 cm melebihi waktu Merapi erupsi tahun 2010 lalu.

Dulu nenek moyang sering cerita waktu Gunung Kelud meletus tahun 1940 an siang hari serasa malam saking  tebalnya hujan abu.Kini Doni dan warga baru bisa merasakan kebenaran cerita simbah-simbah dulu.

Akibat hujan abu yang cukup tebal sangat mengganggu aktifitas warga, jalan raya yang biasanya pagi hari ramai orang mulai berangkat bekerja , anak-anak kesekolah dan bakul kepasar pagi ini sepi,aktifitas betul-betul lumpuh dan terhenti,kata  Tinah yang tinggal di pinggir jalan raya Deles Indah selatan pasar Kembang .

Warga yang nekat beraktifitas terlihat menggunakan masker ,payung  dan helm serta jas hujan bagi pengendara sepeda motor.Pagi hari suasana sangat hening tiada angin sehingga terlihat pepohonan daunnya putih dan merunduk karena beban abu yang menimpanya demikian juga genteng rumah warga dan jalanan dipenuhi abu vulkanik.

Baru kira-kira pukul 11.00 siang menjelang sholat Jumat matahari mulai terlihat sementara listrik PLN padam sejak pagi diwilayah Kadilaju dan sekitarnya.Dan sejak pukul  13.00 WIB hujan abu mulai menipis dan menghilang.

Sejumlah warga mulai membersihkan abu dirumah masing-masing ,namun terlihat di atap rumah ,halaman dan jalan terlihat masih sangat tebal, diperkirakan akan mulai berkurang dan hilang jika diguyur hujan yang deras,demikian Supriyadi warga Kadilaju menuturkan.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info