MELIHAT RERUNTUHAN CANDI BANDUNG DI KARANGNONGKO - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MELIHAT RERUNTUHAN CANDI BANDUNG DI KARANGNONGKO

MELIHAT RERUNTUHAN CANDI BANDUNG DI KARANGNONGKO

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 11 Februari 2014 | 16.33



Reruntuhan batu candi Bandung ( sumber :www.dansapar.com)

Karangnongko ~ Wilayah kecamatan Karangnongko ,kabupaten Klaten ,provinsi Jawa Tengah sekurangnya memiliki  dua buah benda cagar budaya berupa candi.

Yang pertama adalah Candi Merak berada di padukuhan Candi, desa Karangnongko  ditemukan sekitar tahun 1925 .Candi Merak kondisinya saat ini cukup baik dan indah paska dipugar beberapa tahap.Kronologi pemugaran dimulai dari bagian kaki selesai pada tahun 2007 ,bagian tubuh candi selesai dipugar pada tahun  2010 dan bagian atap candi rampung dipugar pada tahun 2011.

Berbeda dengan candi Merak yang sudah cukup terkenal di Klaten dan sekitarnya , kurang lebih 500 meter disebelah selatan SMP Negeri I Karangnongko  juga telah ditemukan reruntuhan candi  Bandung,demikian warga sekitar menamainya mengingat didekatnya ada sumur yang oleh penduduk disebut juga sumur Bandung,sebagaimana dijelaskan Arie Item DM warga Karangnongko kepada kontributor klaten info saat berbincang tentang candi via jejaring sosial beberapa waktu lalu.

Pada serakan batu-batu candi itu tidak terlihat arca yang tersisa ,namun masih terlihat  sisa pondasi candi setinggi kurang lebih lima puluh sentimeter.Kondisi candi memang memprihatinkan dan tinggalah reruntuhan berupa onggokan batu semata.Bentuk candi aslinya ketika ditanyakan kepada  warga sekitar tidak ada yang mengetahuinya.

Lokasi ditemukannya reruntuhan candi ini berada di tengah sawah dan tidak ada akses masuk bagi kendaraan bermotor baik roda dua ataupun mobil.Jika ingin sampai lokasi harus berjalan kaki melewati galengan atau  pematang sawah yang tidak terlalu lebar.

Posisi candi Bandung terletak sebelah selatan ibukota kecamatan Karangnongko atau kurang lebih satu kilometer  arah selatan candi Merak yang merupakan peninggalan Hindu.

Oleh pemerintah reruntuhan candi Bandung telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya yang dilindungi.Namun entah kapan candi ini akan dipugar sebagaimana candi Merak, belum ada kabar berita yang jelas.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info