PEMKAB KLATEN KURANG SERIUS KEMBANGAN BIDANG PETERNAKAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » PEMKAB KLATEN KURANG SERIUS KEMBANGAN BIDANG PETERNAKAN

PEMKAB KLATEN KURANG SERIUS KEMBANGAN BIDANG PETERNAKAN

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 07 Februari 2014 | 21.15

Budidaya ternak sapi potong untuk fattening.



Klaten ~ Menurut BPS Klaten 2012 data populasi sapi di kabupaten Klaten selama  5 tahun terakhir  menunjukkan  kenaikan rerata  kurang lebih 1,47 % untuk komoditas sapi potong,sedangkan sapi perah mengalami penurunan 5,06 %.

Pada komoditas sapi potong apabila dilihat kenaikan populasi pertahun,pertambahannya terjadi trend penurunan berturut-turut dari tahun ketahun.Data populasi sapi potong sejak tahun 2006 hingga 2010 adalah sebagai berikut  2006 (81.267 ekor),2007(83.657 ekor),2008(85.334 ekor),2009(86.656 ekor) dan 2010(87.267 ekor) .

Prosentase penurunan populasi sapi potong dimaksud adalah  dari 2,94 %, menjadi 2,00%, turun lagi 1,54 % dan anjlok pada tahun 2010 yakni hanya 0,70 %.

Penurunan populasi dari tahun ketahun ,merupakan indikator rendahnya produktivitas ternak ruminansia besar yang dibudidayakan di kabupaten Klaten.

Menurut anggota Dewan Riset Daerah kabupaten Klaten Prof, DR,Drh Soemitro Padmowijoto,B.Sc,M.Sc,Phd pemerintah kabupaten Klaten dinilai kurang serius dalam membuat kebijakan pengembangan sub sektor peternakan.Hal tersebut dibuktikan dari data BPS yang menunjukkan bahwa pertumbuhan populasi dalam lima tahun terakhir tidak mengalami kenaikan. Ironisnya justru semakin turun.Hal demikian tentu berimbas pada penurunan pendapatan petani peternak.

Mantan guru besar Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta tersebut mengaku heran pasalnya kepala daerah kabupaten Klaten Sunarno mempunyai pengalaman sebagai  pengusaha sukses dibidang peternakan, jumlah ternak sapi potongnya tidak sedikit mencapai  ribuan ekor yang berada di Cianjur , Jawa Barat.Kenapa keberhasilannya itu tidak ditularkan dan diimplementasikan guna meningkatkan pendapatan peternak di kabupaten Klaten.

Kalau bupati serius tentunya dari awal menuangkan konsep kebijakan pembangunan peternakan ,kemudian dalam kurun waktu 5 – 10 tahun menjabat hasilnya sudah dapat dilihat dan dinikmati warga masyarakat khususnya peternak, demikian penuturan sang Profesor yang tinggal di perum Gergunung Klaten itu kepada kontributor klaten info beberapa hari yang lalu.

Dari sisi potensi wilayah kabupaten Klaten sangat fisibel untuk pengembangan peternakan khususnya sapi potong dan perah.

Soemitro yang menyelesaikan S2 bidang peternakan dan meraih doktor dibidang pertanian di Philipina itu berharap pada pemerintah ,kedepan lebih memprioritaskan  program restrukturisasi pola pangan dengan integrasi bioindustri (ternak) dan farming system,pelaksanaan agropolitan , agroforestry dengan optimalisasi manajemen land-used yakni integrasi pohon dengan ternak sesuai budaya lokal, pertanian semi organik dan pengembangan pola gaduhan ternak kepada petani.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info