PERLU DEREGULASI , AGAR WAITING LIST CALHAJ TIDAK KIAN PANJANG - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » PERLU DEREGULASI , AGAR WAITING LIST CALHAJ TIDAK KIAN PANJANG

PERLU DEREGULASI , AGAR WAITING LIST CALHAJ TIDAK KIAN PANJANG

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 27 Februari 2014 | 20.16

 
H Sugiyanto pelontar opini deregulasi pendaftaran Calhaj


Klaten ~  Kebijakan pemangkasan kuota haji  bagi Indonesia sebesar 20 persen dari total kuota  211.000 orang jemaah ,yang dimulai tahun 2013 ( 1434 H )  kemarin cukup meresahkan banyak pihak.Sementara pemerintah Arab Saudi bersikukuh tidak merubah kebijakan pengurangan kuota  atas permintaan pemerintah Republik Indonesia.

Keresahan itu utamanya  dirasakan pemerintah sebagai penanggungjawab pelaksanaan haji dan para jemaah calon haji yang mengalami penundaan keberangkatan.Disamping itu juga akan kian memperpanjang daftar tunggu bagi calon jamaah haji yang telah dan akan mendaftar kemudian.

Minat umat Islam untuk menunaikan rukun Islam kelima ini memang sangat tinggi , sehingga kian memperpanjang daftar tunggu atau waiting list nya.Menurut informasi di kabupaten Klaten untuk pendaftaran calon haji pada akhir 2013 kemarin ,baru akan diberangkatkan sebelas hingga duabelas  tahun kemudian atau sekitar tahun 2024 - 2015.

Menurut Kemenag  Klaten Kuota calon haji kabupaten Klaten tahun 2013 ( 2014 H) kemarin semula berjumlah  1.142 orang,setelah ada pengurangan kuota 20 % yang dapat diberangkatkan sebanyak 954 orang ,sisanya  188 orang ditunda keberangkatannya pada musim haji mendatang .

Menurut  H Sugiyanto  warga padukuhan Balemuda ,desa Kemalang ,kecamatan Kemalang yang tergabung dalam aliansi persaudaraan jamaah haji Indonesia Klaten , membludagnya pendaftaran calon haji  saat disamping karena kian meningkatnya kesadaran ,kemampuan umat Islam  juga  ditengarai sangat gampangnya prosedur pendaftaran di Kemenag.

Terutama persyaratan pendanaan , calon jamaah haji hanya bermodalkan  Rp 2.500.000,00 dan meminjam di  perbankan syariah tertentu  sebesar Rp 2.250.000,00 sudah dapat jatah kursi resmi dari pemerintah sebagai calon haji dalam long  waiting list .

 Hingga saat ini kebijakan pemerintah mengenai pengelolaan  uang pendaftaran Rp 25 - 30 juta per calon jamaah berada di  Kemenag .Saking besarnya jumlah dana yang dikelola  diduga kurang akuntabel pengelolaannya , sehingga Lembaga Anti Rasuah Republik Indonesia merekomendasikan moratorium pendaftaran calon haji ,bahkan apabila calhaj akan mendaftar  tidak perlu membayar seperti saat ini.

Lebih jauh H Sugiyanto bapak dari dua puterinya yang bergelar dokter itu menuturkan , lha wong dengan syarat punya uang Rp 25 – 30 juta saja peminatnya bludag apalagi jika tanpa uang alias gratis pasti akan kian memperpanjang daftar tunggu.

Agar beban Kemenag tidak terlalu berat  juga menghindari  ketidak transparan dan rawan korupsi pengelolaan dana yang mencapai puluhan triliun rupiah ,serta umat Islam calon jamaah tidak terlalu diperlonggar prosedurnya perlu ada deregulasi dalam hal pendaftaran calhaj.

Menurut  H sugiyanto persyaratan pendaftaran agar diperketat  ,calon jamaah yang mendaftar cukup menunjukkan rekening buku tabungannya di bank dengan nominal tertentu ,  antara Calon dan Kemenag menandatangani semacam perikatan agar rekening tabungan itu tidak ditarik oleh pemiliknya.Jadi uang jaminan tetap berada di rekening calon jamaah ,sehingga Kemenag tidak mengelola uang yang tersimpan ribuan calon jamaah dalam tempo belasan tahun.Kemenag  bersama pihak perbankan juga akan lebih baik menjalin kerjasama dalam hal ini.

Dengan demikian panjangnya waiting list lambat laun akan terkurangi karena calon pendaftar memang disyaratkan telah memiliki tabungan sendiri sesuai nominal yang dipersyaratkan pemerintah.

Semoga opini  ini menjadi bahan masukan dan pertimbangan pemerintah cq Kemenag untuk mereformasi kebijakan penyelengaraan haji dan umrah di negeri yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam ini.Agar kedepan penyelengggaraan rukun Islam kelima itu dapat berjalan dengan baik , efektif dan efisien, sebagaimana petuturan H sugiyanto kepada kontributor klaten info ( 17/2).

Semoga

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info