PETERNAK KESULITAN PAKAN HIJAUAN ,AKIBAT ABU KELUD MASIH TEBAL DAN BELUM HUJAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » PETERNAK KESULITAN PAKAN HIJAUAN ,AKIBAT ABU KELUD MASIH TEBAL DAN BELUM HUJAN

PETERNAK KESULITAN PAKAN HIJAUAN ,AKIBAT ABU KELUD MASIH TEBAL DAN BELUM HUJAN

Written By kiswanto adinegara on Senin, 17 Februari 2014 | 20.05

 
Ngarit bersepeda angin , demi ternak si 'raja kaya'.


Karangnongko ~ Impact debu vulkanik yang  turun dari langit Jumat Wage (14/2) juga sangat dirasakan para peternak khususnya yang membudidayakan ternak ruminansia.

Sebagaimana dituturkan Ngadinu yang memiliki  sepuluh ekor kambing , mengaku kerepotan merumput alias ngarit pakan hijauan untuk pakan ternaknya paska erupsi Kelud beberapa hari lalu.Abu masih cukup tebal menempel dipermukaan daun dan rumput ,karena hingga saat ini hujan belum pernah turun di wilayah Kadilaju dan sekitarnya.

Kalau dipaksakan rumput atau hijauan pakan ternak yang terpapar abu vulkanik disajikan ternak bisa batuk-batuk dan kurang nafsu makannya, bahkan waktu erupsi Merapi 2010 dulu ada sapi yang mati karenanya, demikian  Nono peternak sapi dari Padukuhan  Gempol menuturkan kepada kontributor klaten info.

Untuk menghindari resiko sakit dan palabilitasnya tinggi maka sebelum disajikan pada ternak hijauan kami kopyok  atau cuci dulu untuk menghilangkan abu vulkanik yang menempel ,imbuh Ngadinu dan Nono .Walaupun harus menambah tenaga dan waktu dirasakan lebih baik dari pada ternak kesayangannya  sakit atau bahkan mati menjadi korban  abu Kelud.

Menyuci HPT agar bersih dari paparan abu vulkanik Kelud sebelum di berikan pada ternak dibenarkan ,supaya ternak terhindar dari sakit sebagaimana anjuran dokter hewan Haris Handono dari Dinas Pertanian DI Yogyakarta via akun jejaring sosialnya

Disamping kesulitan mencari air guna menyuci hijauan pakan  karena tidak ada hujan , mencari pakan hijauan disekitar juga sulit hal ini menurut pantauan lapangan (17/2) dirasakan warga Karangnongko  yang berada di kaki Merapi seperti Ngemplak ,Jiwan dan Logede.

Warga peternak berharap pemerintah peduli dan responsif terhadap berbagai persoalan yang dialami paska Kelud meletus .Misalnya ada bantuan konsentrat atau HPT untuk meringankan beban masyarakat perdesaan yang memelihara ternak ruminansia,demikian Supriyadi ketua Poktan Tirto Mulyo berharap.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info