POHON CENDANA DILINDUNGI ITU PERNAH DITAWAR SERATUS RIBU - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » POHON CENDANA DILINDUNGI ITU PERNAH DITAWAR SERATUS RIBU

POHON CENDANA DILINDUNGI ITU PERNAH DITAWAR SERATUS RIBU

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 06 Februari 2014 | 00.14

 
Pohon Cendana yang berumur 13 tahun di Kadilaju.


Karangnongko ~ Lazimnya pekarangan di zone utara Klaten ditumbuhi berbagai jenis tanaman buah-buahan dan perkebunan.Seperti sengon,pisang, nangka,petai,durian,mangga ,rambutan,sukun,kelapa,mahoni dan lain sebagainya.

Pohon Cendana atau bahasa latinnya Santalum album merupakan salah satu pohon penghasil kayu yang dilindungi dan boleh ditebang setelah memenuhi ketentuan yang ditetapkan itu sangat jarang tumbuh disini.Cendana umumnya hidup dan tumbuh di daerah karst atau wilayah kurang subur seperti pegunungan seribu di Jawa termasuk Gunungkidul DI Yogyakarta serta Nusa Tenggara.

Ketika disuatu pekarangan wilayah ini , tumbuh pohon yang konon bisa  berbau wangi dan sering untuk kerangka keris ,tentu awam tidak mengenalnya.Karena kelangkaannya warga sering mengira merupakan tumbuhan liar yang tak ada nilainya.

Profil pohonnya bisa mencapai puluhan meter tingginya , daunnya kecil lonjong dan berwarna hijau.Saat ini sudah berumur sekitar 13 tahun dengan diameter 10 cm demikian di jelaskan Pak Doni pemilik sebatang pohon cendana di padukuhan Kadilaju.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sejarahnya bibit cendana ini dulu diperoleh dari wilayah Gunungkidul sekitar tahun 2000 ,saat ia masih aktif sebagai aparat Departemen Kehutanan Republik Indonesia.Ketika menjadi Tim penilai lomba penghijauan di desa Nglegi , kecamatan Patuk ditemukan banyak anakan cendana dan warga setempat belum mengenalnya,bahkan banyak yang dibabat .Namun setelah diberi tahu masyarakat merasa senang dan akan memeliharanya hingga masak panen.

Untuk meyakinkan Pak Doni minta sebatang untuk ditanam di pekarangan rumahnya Klaten sebagai koleksi dan kenang-kenangan.Dan alhamdulillah bisa hidup hingga sekarang katanya bangga.Dipekarangan Pak Doni yang tidak terlalu luas itu memang terlihat tumbuh pohon koleksinya diantaranya kelapa,melinjo,belimbing,  jati,mahoni,mindi cina,asem jawa,mahkota dewa,pace,rambutan,mangga,suruh/ sirih jawa dan matoa.

Sekitar lima tahun yang lalu saat pohon itu masih kecil pernah ada tamu dua orang kerumah Pak Doni mengaku dari Pacitan Jawa Timur .Ketika ditanya ada keperluan apa ,jawabnya akan membeli pohon langka kesayangannya.Pak Doni  heran kok ada orang jauh sampai mengetahui keberadaan pohon cendana di pekarangan belakang rumahnya, kemudian mereka menawar  Rp 100.000,00 katanya sambil tersenyum.

Wah maaf tidak saya jual ,untuk klangenan jawabnya menolak halus .Pak Doni mengatakan mbok misale dituku Rp 1.000.000,00 ra bakal tak dol katanya dalam hati.

Ditanya resepnya bibit cendana bisa hidup dipekarangannya,mengingat tidak disembarang tempat cendana bisa tumbuh,Pak Doni menjelaskan rahasianya yakni butuh tanaman inang didekat bibit yang ditanam.

Sulitnya menanam bibit cendana hingga hidup terbukti ketika banyak anakan tumbuh dari biji yang jatuh diminta tetangganya dan ditanam saking kepinginnya punya pohon cendana ternyata semuanya tidak ada yang hidup,imbuhnya mengakhiri pembicaraan.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info