POLUSI ASAP DAN ABU PABRIK PENYULINGAN MINYAK CENGKEH DIKELUHKAN WARGA - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » POLUSI ASAP DAN ABU PABRIK PENYULINGAN MINYAK CENGKEH DIKELUHKAN WARGA

POLUSI ASAP DAN ABU PABRIK PENYULINGAN MINYAK CENGKEH DIKELUHKAN WARGA

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 12 Februari 2014 | 16.07

 
Asap tebal bercampur  debu (abu) keluar dari cerobong pabrik membubung keatas 

  
Karangnongko ~  Lazimnya hidup dipermukiman wilayah perdesaan jauh dari kota udaranya masih bersih dan menyegarkan setiap saat.Hal demikian manakala di wilayah perdesaan yang masih banyak vegetasi  tetap nan rimbun menghijau belum tercemari  polutan.

Demikian juga halnya di lingkungan padukuhan Kalikajar , Kadilaju dan Gempol  desa Kadilaju ,beberapa tahun silam , tatkala  belum ada kegiatan penyulingan minyak dari daun cengkeh.Namun dengan hadirnya pabrik penyulingan minyak cengkeh belakangan warga sekitar mulai terusik atas kenyamanannya yang selama ini dirasakan.

Terlebih ketika posisi pabrik pindah di selatan padukuhan Kalikajar  ,yang sebelumnya di timur padukuhan ketika aktifitas destilasi waktu pagi , siang atau sore hari asap dan debu (abu) nya terbawa angin sehingga mencemari lingkungan sekitarnya, demikian keluhan Maidi warga yang rumahnya berada di wetan pabrik.Puncak aktifitas penyulingan biasanya kalau musim kemarau,karena gampang mencari bahan baku imbuhnya.



Dedaunan dan tanah disekitar pabrik nampak putih terpapar debu (abu) tebal dari pabrik cengkeh



Supriyadi  ketua Poktan Tirto Mulyo juga mengeluhkan banyaknya debu (abu) yang beterbangan dan menempel di dedaunan sekitar pabrik ,yang akan dikembangkan sebagai usaha perikanan kuliner dan kolam renang. Hal demikian jelas mengganggu katanya. Supriyadi juga mengaku jatuh sakit hingga dirawat di rumah sakit di Kalasan ,Sleman selama beberapa hari karena infeksi paru-paru sehabis kerja bakti membersihkan semak belukar yang terpapar debu (abu)   disekitar pabrik cengkeh.

Atas keluhan sejumlah warga ,persoalan ini pernah disampaikan perwakilan warga saat rapat dengan kepala desa Kadilaju.Kepala desa Kadilaju Suradi dapat memahami dan berjanji akan berupaya mencari solusi untuk mendapatkan lokasi  pengganti yang tepat .

Warga sekitar merasa tidak dimintai izin dan persetujuan  saat pabrik yang menempati tanah lungguh kades itu akan didirikan ,  demikian ketua RT 03 Giyarno menuturkan kepada kontributor klaten info.

Saat  kontributor klaten info akan mengkonfirmasi pada pemilik pabrik  yang rumahnya di Butuh , Tegalmulyo kebetulan tidak berada di lokasi destilasi .Namun diperoleh kabar kalau usahanya ini dirasakan kurang menguntungkan sehingga akan dialihtangankan kepada pihak lain.

Warga sekitar pabrik berharap segera ada solusi , utamanya dari pihak pemerintah desa,mengingat  tanah yang ditempati pabrik adalah tanah milik desa yang disewakan pada pihak pengelola pabrik.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info