SAMBUT IMLEK CHINA KURANGI PESTA KEMBANG API - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » SAMBUT IMLEK CHINA KURANGI PESTA KEMBANG API

SAMBUT IMLEK CHINA KURANGI PESTA KEMBANG API

Written By kiswanto adinegara on Senin, 03 Februari 2014 | 16.25

Perayaan sambut Imlek 2565 ( Repro KR )



Karangnongko ~ Judul artikel diatas sebagaimana dimuat SKH KR ,Sabtu Legi (1/2) berikut substansinya sangat menarik bagi penulis untuk diulas.

Kenapa sangat menarik ?

Sebagaimana diketahui sejarah pesta kembang api dan petasan adalah berasal dari negeri Tirai Bambu alias China.Pesta kembang api diyakini sejak semula adalah untuk mengusir roh-roh jahat serta menjamin keberuntungan di masa mendatang.

Lambat laun,pesta kembang api dan petasan menyebar keseluruh penjuru jagat raya,tak terkecuali Indonesia.Pesta kembang api disertai petasan tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit.Kemudian seolah menjadi ‘budaya’ pada setiap pergantian tahun senantiasa wajib ada pesta kembang api yang tak jarang justru membawa musibah bagi manusia.

Anehnya di China perayaan tahun baru Imlek  (31/1) yang merupakan tahun kuda ini justru mulai disambut dengan pesta kembang api yang lebih kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Presiden China Xi Jinping meminta rakyatnya tidak mengahambur-hamburkan uang terlalu banyak untuk pesta kembang api.Disamping itu pemerintah China menganggap bahwa pesta kembang api hanya akan menambah polusi yang berdampak pada derajat kesehatan masyarakatnya menurun.

Baru setelah berabad-abad pemerintah China menyadari bahwa pesta kembang api yang selama ini digelar secara besar-besaran dengan menghabiskan uang terlalu banyak  merupakan bentuk pemborosan dan pencemaran lingkungan.

Langkah kebijakan pemerintah China ini patut diapreasiasi dan diimplementasikan di negeri Indonesia yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam .Islam memandang perayaan setiap pergantian tahun baru baik Hijriyah , Masehi , Saka ataupun Imlek seyogianya dilakukan untuk muhasabah atau mawasdiri dan bermujahadah guna memohon ampun , petunjuk serta perlindungan dari Tuhan Allah SWT.

Tidak dengan cara  berhura-hura , bermaksiat serta menghambur-hamburkan uang yang tanpa manfaat.Pesta kembang api dan mercon dinilai lebih banyak mudharatnya dibanding manfaatnya,sehingga perlu perhatian pemerintah dan semua pihak demikian tausiyah Gus Muh Chafidz Tanwir pengasuh PP AL-Munawwir Kadilaju , Karangnongko , Klaten kepada kontributor klaten info.

Cara pandang China yang mau berubah dengan pertimbangan ekonomi , kesehatan serta lingkungan hidup atas pesta kembang api tidak lagi secara besar-besaran merupakan kebijakan moderat yang sangat menarik  hebat dan realistis.

Gong Xi Fa Cai , Selamat Tahun Baru Imlek 2565.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info