WARGA KELUARKAN BIAYA MAHAL UNTUK BERSIHKAN ABU KELUD - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » WARGA KELUARKAN BIAYA MAHAL UNTUK BERSIHKAN ABU KELUD

WARGA KELUARKAN BIAYA MAHAL UNTUK BERSIHKAN ABU KELUD

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 23 Februari 2014 | 19.08

 
 Aliran air hujan bercampur abu vulkanik kental kecoklatan dari talang saat hujan perdana (19/2)

Karangnongko ~ ‘Jangan dikira kalau sudah hujan sekali saja,  cemaran abu vulkanik Kelud bersih total dari lingkungan rumah kita ‘ ,demikian penuturan Sunami warga Karangnongko yang nyaris saban hari sejak  Jumat Wage (14/2) Kelud mengirim  abu di seantero  pulau Jawa tak pernah berhenti dari bersih-bersih.

Sasaran pembersihan baik indoor ataupun outdoor ,tatkala hingga hari kelima belum ada kiriman hujan dari langit perempuan paruh baya itu nyaris stress berat.Pasalnya setiap saat perkakas dan lantai habis dibersihkan  dan tiba-tiba angin bertiup menerpa dedaunan dan atap yang masih dipenuhi debu tak ada ampun  semuanya menjadi kotor kembali .Tidak ada tanda-tanda kalau bekas kegiatan pembersihan.Sampai  boyok arep sempal  keluhnya.Jika hingga seminggu tidak ada hujan bisa strees tenan,katanya kepada kontributor klaten info.

Akhirnya berkat doa banyak orang yang meminta hujan , Tuhan Allah SWT menurunkan hujan cukup deras pada Rabu (19/2) sekitar pukul 14.15 hingga setengah jam kemudian.

Paska hujan turun perdana yang menggelontor seluruh paparan abu Klelud baik yang berada di pepohonan juga di atap-atap rumah , sekejap saja nuansa putih sirna kembali kewarna semula.Dedaunan nampak hijau segar dan genting rumah nampak kuning kecoklatan.Aliran air permukaan dan dari talang nampak kental kecoklatan seperti ‘lahar dingin’  saking kotornya.



 
Dokumentasi warga , teras dan halamannya terpapar abu tebal saat Kelud meletus (14/2)

Namun demikian betul kata Sunami ,warga masih saja serentak bersihkan sisa-sisa abu baik di halaman,di kebun, di dinding tembok, di atas talang , di duck teras ,di jalan dan dimana saja lingkungan permukiman warga agar semuanya bersih.

Kira-kira kalau belum hujan deras sekurangnya lima kali barangkali sisa abu belum bersih total.Itu belum yang menempel di ventilasi , cendela , pintu dan perabotan rumah.Padahal sejak awal Kelud mengotori lingkungan dengan abu , kami sekurangnya telah mengeluarkan ongkos untuk tenaga bersih-bersih Rp 600.000,00 an ,demikian penuturan seorang warga di wilayah kecamatan Karangnongko yang tak mau disebut jatidirinya.

Jadi hingga kedepan ,semuanya bersih total sebagaimana kondisi saat belum terpapar abu Kelud biaya pembersihan bisa mencapai nominal jutaan rupiah. Belum terhitung dampaknya terhadap kesehatan seperti sakit tenggorokan , batuk, sakit mata , dan gatal-gatal, serta kerusakan berbagai tanaman, jadi cukup mahal juga ….ya, imbuhnya.

Hujan besar dan cukup lama yang kedua telah mengguyur wilayah Karangnongko dan sekitarnya pada Sabtu Pahing ( 22/2 ) ,dan kian mempercepat pembersihan abu yang tersisa diatap rumah dan pepohonan.

Dan terlihat dalam pantauan klaten info Minggu pagi warga masih melanjutkan bersihkan sisa-sisa abu vulkanik Gunung Kelud .Dari talang dan duck teras dari sejak pukul  5.30 - 07.30 WIB kami mendapatkan sekurangnya 10 ember abu ,padahal  dulu sudah dibersihkan dan memperoleh beberapa karung demikian Pak Doni menginformasikan hasil kegiatannya secara swadaya pagi itu.

Oleh : Kiswanto




Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info