MELIHAT DESA KADILAJU YANG MEMILIKI ‘ 1000 KALI ‘ - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MELIHAT DESA KADILAJU YANG MEMILIKI ‘ 1000 KALI ‘

MELIHAT DESA KADILAJU YANG MEMILIKI ‘ 1000 KALI ‘

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 04 Maret 2014 | 19.56

 
 Kali Blumbang merupakan favorit bagi anak-anak untuk belajar berenang


Karangnongko ~ Desa Kadilaju merupakan salah satu desa dari 14 desa yang ada di kecamatan Karangnongko , kabupaten Klaten.Secara administratif desa Kadilaju terbagi menjadi  14 padukuhan , 8 Rukun Warga ( RW ) dan 22 Rukun Tetangga ( RT ).

Wilayah desa ini berada diujung barat kecamatan Karangnongko yang berbatasan utara dengan kecamatan Kemalang , selatan kecamatan Jogonalan , barat kecamatan Manisrenggo dan timur dengan desa Keputran , Somokaton dan Gumul.

Secara geografis desa Kadilaju berada di kaki Gunung Merapi dengan ketinggian kurang lebih 250 m dari permukaan air laut.Desa ini merupakan zona transisi antara lahan basah persawahan disisi selatan dan lahan kering disisi utara yakni wilayah kecamatan Kemalang.

Letak desa Kadilaju sangat strategis karena  berbatasan langsung dengan kota kecamatan Kemalang,memiliki akses jalan raya yang menghubungkan  Kemalang – Manisrenggo  , Kemalang – Jogonalan , dan Manisrenggo – Karangnongko .Disamping itu desa ini dianugerahi  sumberdaya alam yang cukup melimpah salah satunya adalah sumber air bersih berasal dari umbul dan air permukaan.

Dari 14 padukuhan yang ada ,padukuhan yang memiliki banyak sumber air bersih dan sangat bening yang oleh warga masyarakat lebih familiar dengan sebutan ‘ kali ‘ adalah Padukuhan Kadilaju dan Kalikajar,serta sebagian berada di wilayah Keputran . Padukuhan ini berada diujung utara desa dan berbatasan dengan desa Keputran ,kecamatan Kemalang.

 Kali Tanjung , airnya bening berpancuran tujuh dan lestari




Sumber air  bersih yang muncul  diantaranya  kali Pule , kali Lerak, kali Blumbang ,kali Pancuran , kali Tanjung, kali Wuni , kali Beran , kali Belik 1 , kali Dadap ,kali Brondong , kali Umbul atau Sentul , kali Janti , kali Petung ,kali Clowok , kali Belik 2 , kali Tumpeng  dan kali-kali  yang muncul di pekarangan milik pribadi . Diantaranya kali yang berada di pekarangan  adalah kali mbah Wongso , kali Petung ,kali mbah Ponco ,kali mbah Yoto , kali mbah Carik , kali mbah Manto dan kali mbah Pairo di Keputran.

Saking banyaknya kali yang ada dan menjadi sumber kehidupan sehingga  desa Kadilaju layak mendapat predikat ‘desa seribu kali .Kali –kali tersebut sejak dahulu kala airnya digunakan warga masyarakat  sekitar untuk mandi , cuci dan air minum.Ketika musim kemarau tiba sumber air itu akan diserbu warga lereng Merapi untuk keperluan mandi dan mencuci.Beberapa sumber diambil airnya untuk air minum diantaranya kali Brondong , Dadap ,Sentul dan Tanjung,demikian penuturan Umar  Maksum  warga dan sesepuh desa setempat kepada kontributor klaten info .

Khusus warga sekitar saat ini mulai berkurang  menggunakan kali tersebut ,karena mereka banyak yang telah membuat sumur ,kamar mandi dan jamban dirumah masing –masing.

Beberapa ‘kali’  tersebut saat ini sudah mengering dan tidak dapat dimanfaatkan lagi ,hal ini diduga sebagai dampak  penambangan galian golongan C di lereng Merapi yang tak terkendali sehingga merusak lingkungan areal peresapan air. Hampir seluruh kali milik pribadi telah kering dan sumber yang lain diantaranya kali Pule , Pancuran , Belik , Umbul , Clowok , Tumpeng dan Petung tinggalah menjadi catatan sejarah yang penuh kenangan,imbuhnya.

Spesial kali Pancuran di Tepen yang sangat eksotik  karena berfungsi untuk teraphy bagi warga yang lelah dan kecapapekan telah hilang tergusur saat pembangunan pompa air hidrolis warga menyebutnya dengan ‘donki’ di kali Tanjung di era kepala desa Soegito sekitar tahun 1978.

Menurut pengamatan kontributor klaten info bahwa sumber-sumber  air yang telah ada ,dikenal dan dimanfaatkan sejak zaman baheula itu  hingga kini ,sebagian kondisi fisiknya kurang terawat sehingga terkesan kotor  bahkan ada yang taludnya belum dibuat permanen.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info