MITOS ‘ KALI PETUNG’ NAN PENUH MISTERI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MITOS ‘ KALI PETUNG’ NAN PENUH MISTERI

MITOS ‘ KALI PETUNG’ NAN PENUH MISTERI

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 19 Maret 2014 | 21.30


Kali Petung zaman doeloe berada dibawah rumpun bambu Petung.

Karangnongko  ~  Diantara hitungan ‘ 1000 ‘ kali atau mata air yang ada di padukuhan Kadilaju salah satunya adalah ‘ kali Petung ‘.Tepatnya berlokasi di pojok lor kulon pada pekarangan Ibu Hj Soetasmi Hardiwidagdo  masuk wilayah administratif desa Kadilaju.

Menurut sesepuh desa Umar Kadir  pemberian nama kali Petung  , karena mata air itu zaman dahulu keluarnya dibawah dapuran  pring Petung dan beberapa batu besar sehingga orang menyebutnya Kali Petung.Setelah rumpun bambu Petung ditebang habis , kemudian tumbuh pohon Gayam yang kala itu cukup besar dengan dedaunannya yang rimbun.

Bagi warga masyarakat sekitar mitos kemisterian kali Petung cukup terkenal.Beberapa kali kejadian dialami warga,salah satunya Erik yang pada suatu sore  berjalan di dekat kali Petung tiba-tiba ada penampakan seperti pocongan berbalut kain putih  turun dari rimbunnya pohon gayam, spontan saja remaja itu ketakutan  kemudian lari terkencing-kencing sambil gemetaran, wajahnya pucat pasi saat bertemu dan kemudian menceritakan kepada teman-temannya.

Disamping hantu pocong yang suka mengganggu warga, konon di rong  ( lubang ) dimana air keluar  juga menjadi sarang ular siluman. Ular buntung itu  laiknya sebuah kendang , demikian penuturan Sugiyarno orang pintar setempat  yang mengaku pernah berguru di Banten selama belasan tahun kepada kontributor klaten info.

Ular misterius itu pernah nampak disiang hari , yang menjadi korban adalah sopir truk yang lagi buat hajat di selokan dekat kali Petung.Tiba-tiba dikejutkan datangnya seekor ular  besar tetapi pendek  seperti kendang .Saking takutnya sang sopir lari terbirit-birit dan minta tolong pada orang pintar di padukuhan itu dan mengatakan kapok tidak akan mengulangi perbuatannya.

Peristiwa aneh juga pernah terjadi ketika si empunya tanah berniat memagari pekarangannya dengan tembok permanen, ketika tepat pada lubang yang diduga menjadi persembunyian ular itu dipasangi tembok berulang kali pagar itu pecah , kendatipun berulang kali diperbaiki.Pemilik pekarangan mengaku bermimpi ditemui ular dan minta agar rumahnya jangan dirusak.

Kini , pohon gayam angker itu telah ditebang , dan sumber air itu tiba-tiba ‘mati’  dan mengering,namun cerita misteri  kali Petung dengan Ular buntungnya masih tetap melegenda di tengah masyarakat.

Sementara menurut penerawangan paranormal setempat wedhon alias si pocong yang suka mengganggu hijrah ketempat lain karena ‘rumahnya’ telah ambruk ditebas chain shaw alias gergaji mesin.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info