DIDUGA BENDA PURBAKALA ‘ ARCA GANESHA ‘ BERADA DI TENGAH SAWAH - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » DIDUGA BENDA PURBAKALA ‘ ARCA GANESHA ‘ BERADA DI TENGAH SAWAH

DIDUGA BENDA PURBAKALA ‘ ARCA GANESHA ‘ BERADA DI TENGAH SAWAH

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 29 April 2014 | 21.49

 
Sebuah Arca Ganesha berada ditengah sawah ,bulak Jati desa Pluneng (foto :kiswanto).




Kebonarum  ~  Ada benda diduga peninggalan purbakala berupa sebuah arca Ganesha  ditengah  sawah , tepatnya di bulak padukuhan Jati , desa Pluneng , kecamatan Kebonarum.Arca tersebut  mudah dilihat karena berada di pinggir  utara  jalan raya Gayamprit –Kebonarum.

Arca yang terbuat dari batu candi berukuran  tinggi sekitar dua meter dengan lebar satu meteran itu nampak pahatannya belum sempurna.Arca Ganesha itu menghadap keselatan  ,dipinggir selokan kecil dan berada ditengah sawah milik petani setempat.Saat kontributor akan mengkonfirmasi kepada pemilik lahan ternyata tidak ada di lokasi.

Menurut penuturan Widodo  tokoh masyarakat setempat , benda yang diduga peninggalan purbakala itu umurnya telah lebih  dari satu abad.Disitu hanya ada sebuah arca Ganesha dan disekitarnya tidak ditemukan adanya situs candi ,imbuhnya.


    Ditengah pemandian Tirto Mulyani terdapat arca terbuat dari batu candi (foto :kiswanto)

 Ditanya apakah ada kaitannya dengan arca dan benda-benda purbakala terbuat dari batu candi yang terdapat di kolam pemandian Tirto Mulyani atau Umbul Cilik di Pluneng ,tokoh masyarakat Kebonarum tersebut  mengatakan  tidak tahu pasti.

 
Disekitar Umbul Cilik berserakkan benda benda purbakala terbuat dari batu candi.(foto:kiswanto)

Pihak pemerintah dalam hal ini Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala  Jawa Tengah belum melakukan identifikasi  serta memasang papan nama sebagai benda cagar budaya yang dilindungi pada arca tersebut.

Dikhawatirkan  benda yang diduga merupakan peninggalan purbakala tersebut  dicuri orang yang tidak bertanggung jawab karena letaknya  berada ditepi jalan raya dan lingkungannya  sepi  jauh permukiman penduduk.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info