LONDRE MULAI MENGGESER BUDAYA ‘ UMBAH-UMBAH ‘ - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » LONDRE MULAI MENGGESER BUDAYA ‘ UMBAH-UMBAH ‘

LONDRE MULAI MENGGESER BUDAYA ‘ UMBAH-UMBAH ‘

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 18 April 2014 | 19.03

Salah satu rumah industri jasa Londre



Karangnongko  ~  Laundry atau londre ,merupakan istilah keren masa kini menggantikan sebutan mencuci pakaian alias ‘umbah-umbah’ atau ‘ngumbahi’ yang sangat familiar di pedesaan utamanya pulau Jawa.

Industri  jasa londre awalnya diperkenalkan dan memasuki dunia perkotaan , dimana masyarakatnya sibuk .Karena kesibukan itulah mereka beralasan kekurangan waktu untuk mengerjakan beberapa jenis pekerjaan salah satunya mencuci pakaian alias ngumbahi .Terutama para siswa atau mahasiswa yang kos merupakan pangsa pasar  londre yang sangat potensial.

Akhir-akhir ini industri jasa  londre  berkembang dengan pesat bahkan merembet ke wilayah perdesaan.Masyarakat pinggiran dan perdesaan pun saat ini ‘gandrung’ dan tergila-gila dengan londre.Ada yang sekedar gengsi namun ada pula yang menjadi kebutuhan menggunakan jasa londre tersebut .

Menurut observasi kontributor klaten info di sekitar pasar Kembang ,termasuk Kadilaju menjamur rumah jasa londre.Sekurangnya ada puluhan usaha bidang jasa ini .Memang faktanya dapat membuka lapangan kerja baru,setidaknya setiap rumah londre dapat memperkejakan dua hingga tiga orang tenaga kerja.

Ny Darto menuturkan ,bahwa dengan adanya londre dapat meringankan pekerjaan rumah.Paling tidak untuk setrikanya.Biayanya relatif murah dan terjangkau ,daripada minta bantuan orang belum tentu profesional dan masih harus menyediakan peralatan serta menambahi beban listrik katanya.Dirumah tidak sempat dan juga pertimbangan umur semakin lanjut tenaganya kian loyo,imbuhnya.

Menurut  salah satu pengusaha jasa londre  Erna ,kami memasang tarif untuk Cuci dan setrika paket sehari Rp 3.000,00/kg ,paket dua hari Rp 2.750,00/kg dan untuk paket 3 hari Rp 2.500,00/kg.Sedangkan khusus setrika paket sehari Rp 2.000,00/kg , dua hari Rp 1.750,00 dan tiga hari Rp 1.500,00/kg demikian urainya kepada kontributor klaten info.

Erna mengaku kelarisan sejak mulai berdiri dua tahun lalu, merasa tidak takut bersaing karena sudah memiliki banyak langganan .Bahkan saat erupsi gunung Kelud sempat menolak order saking banyaknya pekerjaan.

Budaya ngumbahi saat ini dirasakan mulai luntur ,lebih-lebih dengan hadirkan  jasa londre.Anak-anak zaman sekarang dimanja orang tua , tidak dilatih ngumbahi pakaiannya sendiri seperti zaman dulu, kasihan biar fokus sekolah katanya.Sehingga ketika menjadi siswa atau mahasiswa dan kos di kota mereka tidak familiar dengan umbah-umbah,kemudian mempercayakan pada londre,demikian penuturan Narmi  mengakhiri pembicaraan dengan klaten info.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info