MELIHAT FENOMENA HASIL PEMILU LEGESLATIF DI SEBUAH TPS - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MELIHAT FENOMENA HASIL PEMILU LEGESLATIF DI SEBUAH TPS

MELIHAT FENOMENA HASIL PEMILU LEGESLATIF DI SEBUAH TPS

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 09 April 2014 | 21.48

 
Seorang pemilih menerima dan mengamati  4 lembar kartu suara dari KPPS


Karangnongko  ~  Hasil pemilu saat ini faktanya  amat sangat sulit ditebak hasilnya.Baikdi level  TPS , Desa,kecamatan ,Dapil ,Kabupaten ,provinsi  hingga secara nasional.

Sepertinya banyak lembaga riset kecele  atas hasil perhitungan cepat  kemarin,karena tidak berbanding lurus dengan apa yang digembar-gemborkan saat pra pemilu legeslatif diselenggarakan.

Ada fenomena menarik diamati dalam pelaksanaan pileg  di level TPS , untuk itu kami menginvestigasi  langsung di TKP terpilih.

Sebagaimana alkisah di TPS 03 padukuhan Kadilaju , desa Kadilaju , kecamatan Karangnongko ,kabupaten Klaten yang  setidaknya tiga periode pemilu yang lalu mutlak dimenangi  parpol berlambang banteng moncong putih pada seluruh strata.


 
Anggota KPPS sedang menjalankan tugas


Namun kali ini ada pergeseran posisi, parpol  pecinta warna merah itu bukan lagi pemenang pada level pusat , dan kabupaten,namun hanya menang  untuk  DPRD  provinsi Jawa Tengah.Sedangkan untuk tingkat DPR RI dimenangi PKB ,dan untuk DPRD kabupaten klaten dikuasai Partai Golkar.

Ritme kehendak masyarakat pemilih  nampaknya sudah bergeser.Saat ini  mulai muncul para pemilih muda pemula .Mereka  kendatipun minim pengalaman namun banyak memperoleh informasi dan referensi  seputar dunia perpolitikan di negeri ini lewat  media  teknologi informasi.

Dengan jumlah daftar pemilih tetap  372 orang , yang hadir berpartisipasi  mencoblos berjumlah 324 orang terdiri  dari 201 orang perempuan dan 171 orang laki-laki.Angka partisipasinya cukup besar yakni 87,09 % berada diatas angka  nasional  berdasarkan suvei  yang hanya 75 %.

Hasil perhitungan suara  didapati  suara tidak sah yang cukup besar  yakni pada DPD sejumlah  144 suara ( 44,45 %)  dan DPRD provinsi  sejumlah 100 suara ( 30,87 %).Sementara pada DPR  RI hanya  7 ,41 % dan DPRD Kabupaten  4,02 %.

Perolehan suara untuk DPR RI  lima besar  pertama PKB  =  46,66 % ,kedua PDIP = 18 % ,ketiga Hanura = 14,66 % ,keempat  Golkar = 10 ,33 % dan kelima Gerindra = 7 % .
Untuk  DPRD provinsi Jateng  lima besar perolehan suara ,pertama PDIP  = 44,19% ,kedua PKB = 20,08 %,ketiga Golkar = 11,60 % ,keempat Gerindra = 8,48 % dan kelima Partai Demokrat = 3,57 %.

Sedangkan perolehan suara caleg DPRD kabupaten Klaten  dimenangi Partai Golkar  dengan  223 suara ( 71,70 %) dan urutan kedua PDIP dengan 33 suara ( 10,61 %).

Suara Partai Golkar sebanyak 223 terdistribusi  pada caleg  pertama Sumardjo  193 ( 86,54 %) ,kedua Triyono 11 ( 4,93 % ), ketiga Sriyono 8 ( 3,58%) ,  keempat Darto  3 ( 1,34%) , kelima Harjadi  2 ( 0,89%) dan keenam Yamik  1 (  0,45 % ). 

Sedangkan dari PDIP seorang caleg  Gigit memperoleh suara 33 ( 10,61 %), demikian sebagaimana dituturkan Wuryanto Nursalim salah seorang anggota KPPS  TPS 03 padukuhan kadilaju kepada kontributor klaten info.


 
Para pemilih sedang menyoblos di bilik suara TPS


Pelaksanaan pemilu oleh KPPS di TPS  saat ini dirasakan lebih njlimet berkaitan administrasinya.Seperti pada BAP jauh lebih rigid dibanding yang lalu.Demikian pula pada blangko pendaftaran  harus dipisahkan antara pemlih laki-laki dengan perempuan,sehingga panitia  harus fokus dan tidak bisa nyambi menggarapap adminstrasi yang lain.

Akibatnya setelah perhitungan surat suara  untuk menggarap  administrasi BAP butuh waktu lama, hingga jam 00.00 WIB belum juga tuntas,demikian keluhan anggota KPPS itu.

Disisi lain para  pemilih  berharap dari hasil pemilu ini akan membawa perubahan berarti kearah yang lebih baik, mereka merindukan kondisi  kehidupan  ayem tentrem,sehat  tur murah sandhanglan  pangan ,di kabupaten Klaten seperti  yang pernah dirasakan  sebelum orde reformasi.

Dengan demikian tak mengherankan manakala sebagian warga berspekulasi banting  stir memilih Parpol yang dinilai dapat menyerap aspirasi  dimaksud yakni membawa perubahan ,tak peduli dengan hiruk pikuk korupsi ,yang terpenting  dapat hidup  ayem tentrem,sehat  tur murah sandhang lan pangan,kata Umar Kadir menutup perbincangan.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info