MISTERI JEMBATAN ‘ GAYAM SEWU ‘ - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MISTERI JEMBATAN ‘ GAYAM SEWU ‘

MISTERI JEMBATAN ‘ GAYAM SEWU ‘

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 24 April 2014 | 20.27




 
 Jembatan Gayam Sewu , nampak dari bawah 


Karangnongko  ~  Jembatan Gayam Sewu merupakan akses penghubung  antara wilayah kecamatan   Manisrenggo  - Kemalang  dan Karangnongko.Terletak di wilayah desa Kadilaju kecamatan Karangnongko ,tepatnya di bulak Bledrek.Jembatan sepanjang  sekitar dua  puluh meter dan lebar lima meter tersebut  membentang diatas kali Gedhe yang bermuara  di kali Dengkeng.

Jembatan itu konon merupakan peninggalan zaman Belanda.Hingga tahun 1970 an  jembatan gayam Sewu badan jembatan dibuat dari kerangka besi dan alas nya terbuat dari papan kayu.Baru dekade 1980 an di perbaiki dengan  beton bertulang,dan masih bertahan hingga kini.

Jembatan Gayam Sewu    sejak doleloe dikenal sangat angker.Sehingga bagi warga yang mempercayainya sering memberikan sesaji berupa makanan serta uba rampenya pada momen-momen tertentu. Konon zaman doeloe   dinamai Gayam Sewu  karena di sekitar jembatan ditumbuhi ribuan pohon Gayam yang terkenal sebagai rumah  nyaman bagi memedi , gendruwo , wewe dan sejenisnya.

 Menurut penuturan Srie Gethuk  hingga saat ini masih sering ada penampakan wewe kendatipun disiang bolong .

Memang pada tahun 1970 an   saat di bawah jembatan dibangun Dam Pengairan dengan membendung Kali Gedhe dikawasan itu terbentuk genangan air  cukup luas dengan kedalaman lebih lima meteran.Dan ketika itu bendungan memakan korban hingga meninggal dunia.


 
Dam Pengairan dibawah jembatan sering untuk kungkum dimalam hari

Sekitar tahun 1980 an , di dekat jembatan juga didapati seorang pengguna jalan  dengan sepeda onthelnya tewas mengenaskan karena tersambar petir disiang hari.

Di sekitar jembatan Gayam Sewu energi negatifnya sangat kuat , bagi orang yang nyalinya kecil pada malam hari pasti akan ketakutan dan potensial diganggu makhluk astral demikian Giyarno orang 'pintar'  setempat mengatakan kepada kontributor klaten info.


Dikali Gedhe bawah jembatan sering digunakan untuk kungkum ,semedi dan melarung benda-benda  sesaji termasuk membuang  pesugihan yang sudah tidak diharapkan lagi.Pesugihan itu diantaranya berupa buto ijo ,sehingga sering mengganggu pengguna jalan pada malam hari dengan mencegat dan pingin ikut agar dipelihara  imbuhnya .

Karena keberadaannya di bulak ketika malam hari disekitar jembatan Gayam  Sewu memang gelap gulita, nampak  singup serta misterius karena ditumbuhi rimbunnya pepohonan.

Percaya atau tidak tentang kebenaran cerita misteri ini , sumangga kersa …wallahu ‘alam.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

1 komentar:

  1. Aslamalikum warahmatullahi wabarakatu
    ini kisah nyata saya . . . .
    perkenalkan nama saya pak Gunawan saya berasal dari kota yogyakarta saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hamper kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.
    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai sebuah kendaraan roda empat atau sebuah mobil pribadi sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud
    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang aki dari sana saya coba menghubungi aki awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk membayar hutang lewat sebuah jalan pesugihan putih lewat bantuan seseorang dari gunung kidul dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan aki romo dukun super natural dari gunung kidul membantu saya lewat dana gaib langsung masuk rekening saya 1 milyar
    Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada ki romo atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini dan sya sudah punya kendaraan beroda 4 yaitu hrv
    Dan jika anda ingin bantuan seorang dukun super natural untuk mendapatkan dana gaib yang di jamin sukses silahkan anda hubungi ki romo di nomor telepon 085-218-653-567 terimah kasih atas bantuannya...
    ...

    BalasHapus

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info