SEJARAH HARI KARTINI DAN HIKMAH KETELADANANNYA - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » SEJARAH HARI KARTINI DAN HIKMAH KETELADANANNYA

SEJARAH HARI KARTINI DAN HIKMAH KETELADANANNYA

Written By kiswanto adinegara on Senin, 21 April 2014 | 21.14






Karangnongko ~ Peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April adalah berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 tertanggal 2 Mei 1964 dimana Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional dan sekaligus menetapkan hari lahirnya yaitu tanggal 21 April diperingati setiap tahun ,kemudian sebagai hari besar yang  dikenal sebagai Hari Kartini

Sebenarnya apa yang bisa kita teladani dari seorang Kartini ,disaat ini ?

 Hal yang pantas di teladani salah satunya  adalah kecerdasan beliau yang mampu mengekspresikan buah pikirannya dalam bentuk tulisan.Tulisan itu diantaranya berupa surat-surat kepada teman serta para pejabat Belanda.Hal demikian tidak lazim  dilakukan oleh perempuan zaman itu.Tulisan Kartini antara lain  berisi curahan hati yang menangis dan berontak dengan keadaan saat itu ,untuk berpikir tentang perubahan kaumnya jauh kedepan .

Ternyata tulisan itu setelah dikumpulkan dan dibuat buku dengan judul “ Habis Gelap Terbitlah Terang “ mampu menggetarkan dunia.

Oleh karena itu semangat menulis ala Kartini itulah yang harus diteladani.Kemudian dijadikan kebiasaan hingga menjadi budaya pada generasi muda kita saat ini.

Salah satu contoh / kutipan Surat Kartini kepada Prof. Anton dan Nyonya, 4 Oktober 1901:

“Kami disini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak-anak wanita, bukan sekali-kali karena kami menginginkan anak-anak wanita itu menjadi saingan laki-laki dalam hidupnya. Tapi karena kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum wanita, agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya yang diserahkan alam (sunatullah) sendiri ke dalam tangannya : menjadi ibu, pendidik manusia yang pertama-tama”. 
Selamat  Hari Kartini.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info