SEKILAS KISAH DAN BERBAGAI KHASIAT AIR ‘ ZAMZAM ‘ - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » SEKILAS KISAH DAN BERBAGAI KHASIAT AIR ‘ ZAMZAM ‘

SEKILAS KISAH DAN BERBAGAI KHASIAT AIR ‘ ZAMZAM ‘

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 05 April 2014 | 21.45

 
Sumur Zamzam berada dekat Kabah di dalam Masjidil Haram , kota Mekah


Karangnongko  ~  Beberapa bulan lalu ada berita menggemparkan terkait dengan diketemukannya pabrik air zamzam palsu di wilayah hukum Jawa Tengah.

Tindakan pemalsuan air zamzam tersebut jelas bermotif ekonomi.Logikanya tidak mungkin seseorang berniat jahat memalsukan sesuatu barang yang tidak bernilai.Demikian tentu untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya seseorang akan nekat memalsukan barang-barang yang memiliki nilai ekonomis .

Salah satu benda bernilai besar itu adalah benda cair yang bernama air zamzam.Air zamzam didunia ini hanya ada satu sumber yakni berupa sumur zamzam yang berada di komplek Masjidil Haram kota Mekah Al Mukharamah.

“ Air zamzam itu berkhasiat untuk diminum .” ( HR Ibnu Majah ).Demikian sabda Nabi Muhammad SAW mengenai keutamaan air zamam.Berbagai khasiat air zamzam diantaranya yakni menyehatkan badan, mengenyangkan,menjadi obat segala penyakit dan banyak lagi yang lainnya tergantung niat seseorang yang meminumnya.

Saya  telah divonis dokter untuk operasi batu ginjal disebuah rumah sakit di Klaten, surat persetujuan hampir ditandatangani,namun tiba-tiba ingat bahwa Ibu masih menyimpan air zamzam dari Mekkah saat pulang haji beberapa tahun lalu.

Kemudian operasi saya batalkan dan saya minum air zamzam dengan niat untuk menyembuhkan penyakit ginjal.Alhamdulillah ,saya memperoleh mukjizat dari Allah SWT batu ginjal itu akhirnya remuk dan keluar bersama air kencing,tanpa perlu operasi demikian penuturan Zulvi Fadhillah kepada kontributor klaten info dalam kondisi sehat wal afiat.

Lazimnya air zamzam menjadi salah satu oleh-oleh jamaah haji dari Indonesia  sepulang dari Mekah.

Air zamzam menurut sejarah memancar pertama kali  diantara kedua kaki Ismail yang masih bayi ,ketika bersama ibunya Siti Hajar saat ditinggalkan Nabi Ibrahim ke Syria untuk menemui Siti Sara.

Pancaran air bening , segar dan berlimpah itu oleh Siti Hajar disebutnya dengan air ‘ zamzam ‘ yang artinya berlimpah-limpah, dan hingga saat ini sebagaimana orang mengenalnya.

Untuk menjaga kehormatan sumur zamzam,para pembesar Mekah senantiasa merawat dan memperbaikinya.Sehingga dengan demikian tidak mengherankan manakala bentuknya selalu berubah-ubah dari generasi kegenerasi.

Pada zaman Abas bin Abdul Muthalib ,telah membangun sebuah kolam besar yang beratap untuk berwudu.Kolam itu dikenal dengan nama Sikayah Abas ,pada dinding sumur itu terdapat keterangan tentang kisah lengkap air zamzam dan hikmahnya yang ditulis dengan tinta emas.

Kini sumur zamzam telah ditata denagn rapi.Sumur itu berada di dalam Masjidil Haram,tepatnya di sebelah timur Kabah disamping makam Ibrahim.Kedalaman sumur mencapai 22,50 meter.Disampingnya dibangun ribuan kran untuk keperluan minum jutaan jamaah haji.

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dari gangguan kuman ,air zamzam didestilasi (disuling) terlebih dahulu,dengan menyinarkan cahaya melalui tabung air raksa yang diletakkan dalam tabung kaca khusus.Dengan demikian air zamzam yang segar dapat dimanfaatkan oleh jamaah haji untuk minum , mandi dan berwudu secara aman.(dari berbagai sumber)

Oleh : Kiswanto




Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info