STATUS MERAPI NAIK DARI NORMAL MENJADI ‘ WASPADA ‘ - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » STATUS MERAPI NAIK DARI NORMAL MENJADI ‘ WASPADA ‘

STATUS MERAPI NAIK DARI NORMAL MENJADI ‘ WASPADA ‘

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 30 April 2014 | 01.30

 
Mulai Selasa (29/4) Merapi naik status dari normal jadi Waspada. 




Karangnongko  ~  Sekurangnya dua hari belakangan terdengar suara gemuruh dan dentuman keras berasal dari Gunung Merapi , demikian penuturan sejumlah warga yang berdomisili di wilayah Manisrenggo ,Kemalang dan Karangnongko sisi utara.

 Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Subandriyo, mengatakan bahwa suara dentuman dan gemuruh tersebut merupakan akibat dari aktivitas tekanan turbulensi gas vulkanik di dalam Gunung Merapi.

Turbulensi gas vulkanik tersebut membawa material berupa bebatuan, yang menimbulkan suara gemuruh. Aktivitas turbulensi gas yang membawa material tersebut, papar Subandrio, terjadi di diafragma Merapi.

Posisi diafragma itu, sebut Subandrio, berada di bawah kubah Merapi dan kantong magma. "Jarak antara kubah dan kantong magma, lebih kurang tiga kilometer," ujar dia.
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) akhirnya menaikkan status aktivitas kegunungapian Gunung Merapi dari "Normal" menjadi "Waspada", Selasa (29/4/2014) pukul 23.50 WIB.

Peningkatan status untuk gunung yang berlokasi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebut tertuang dalam surat BPPTKG bernomor 326/04/BGV/K/2014, dengan ditandatangani oleh Kepala BPPTKG Subandriyo.

Dalam surat tersebut dinyatakan, status kegunungapian Gunung Merapi dari normal naik menjadi "Waspada" berdasarkan data peningkatan aktivitas, baik dari pemantuan memakai alat maupun berbasis visual.

Selama rentang 20 April 2014 sampai 29 April 2014, BPPTKG mencatat telah terjadi 37 kali gempa guguran, 13 gempa multifase, 4 embusan awan panas, 24 gempa tektonik, dan 29 kali gempa berfrekuensi lemah.
(diolah dari berbagai sumber)

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info