MENDESAK REVITALISASI PENYULUHAN PERTANIAN TINGKAT DESA - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » MENDESAK REVITALISASI PENYULUHAN PERTANIAN TINGKAT DESA

MENDESAK REVITALISASI PENYULUHAN PERTANIAN TINGKAT DESA

Written By kiswanto adinegara on Senin, 26 Mei 2014 | 09.00

Okki PPL nomor dua dari kanan ,ketua dan penasehat Poktan dalam pertemuan rutin (24/5)



Karangnongko  ~  Penyelenggaraan penyuluhan pertanian,perikanan dan kehutanan  bagi petani dirasakan masih sangat dibutuhkan hingga saat ini ,kendatipun zaman teknologi informasi telah merambah kepelosok perdesaan.

Penyuluhan  pertanian,perikanan dan kehutanan  yang selanjutnya disebut penyuluhan merupakan proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar,permodalan dan sumberdaya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas,efisiensi usaha,pendapatan dan kesejahteraannya,serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Gagasan merevitalisasi penyelenggaraan penyuluhan  diperdesaan dibutuhkan konsep yang matang dan terpadu.Dimulai membenahi kelembagaan yang ada seperti terbentuknya pos penyuluhan tingkat desa,demikian pula kelembagaan kelompok tani serta gabungan kelompok tani yang ada.

Sebagaimana disampaikan Okky PPL desa Kadilajo kecamatan Karangnongko ,bahwa di Kadilajo semula hanya ada dua kelompok yakni Tirto Kencono sebagai Gapoktan dan Tirto Nugroho sebagai poktan.Keduanya sudah terigistrasi di Dinas Pertanian dan ditetapkan dengan keputusan Bupati Klaten.

Namun pada perkembangannya pada tahun 2013 , tumbuh kelompok tani baru yakni Tirto Lestari (KWT),Sugih Mukti di padukuhan Kalikajar dan Tirto Mulyo di padukuhan Kadilaju.Ketiga poktan ini telah terdaftar di Dinas Pertanian kabupaten Klaten dan baru dalam proses pengukuhan oleh Bupati.

Fenomena tumbuhnya poktan baru dinilai sebagai indikasi munculnya semangat petani untuk maju dan berharap transparansi serta akuntabilitas pengelolaan gapoktan yang selama ini dinilai kurang  optimal,sehingga petani kehilangan kepercayaan.

Kurang baiknya tatakelola Gapoktan yang pernah mendapat dana PUAP sebesar Rp 100.000.000,00 diakui Okky  bahwa sudah sekitar empat tahun Gapoktan Tirto Kencono tidak pernah mengadakan pertemuan rutin.Bahkan peringatan oleh kepala Dinas Pertanian untuk segera menyelenggarakan RAT terkait pengelolaan dana PUAP  hingga saat ini tidak diindahkan,demikan tuturnya dihadapan peserta rapat poktan Tirto Mulyo ,Sabtu Pon (24/5) yang juga dihadiri Kades Kadilajo.  

Menyikapi  bangkitnya semangat  perubahan di Kadilajo untuk menuju hari esok lebih baik disemua urusan ,utamanya dibidang pertanian kepala desa akan segera menyelenggarakan rapat koordinasi penyuluhan dengan mengundang pengurus Gapoktan dan semua poktan yang ada untuk konsolidasi kelembagaan ,rencananya awal  Juni 2014 di balai desa Kadilajo. 

 
Suradi (kaos kuning) Kades Kadilajo,dalam rapat poktan Tirto Mulyo ( 24/5)

Mulai tahun 2015 , pemerintah desa menggagas berdirinya posluhdes dan akan merevitalisasi penyelengaraan penyuluhan pertanian di tingkat desa ,demikian pengarahan Suradi kepala desa Kadilajo dalam  pertemuan rutin poktan Tirto Mulyo .

Diharapkan dengan adanya kelembagaan yang mantap , penyuluh ,programa penyuluhan serta sarana prasarana  ,kedepan nasib petani akan menjadi lebih baik.Persoalan irigasi , kelangkaan pupuk , pola tanam ,serta pengendalian hama penyakit akan dapat diatasi dengan tata kelola yang baik.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info