PBB DIKELOLA PEMKAB KLATEN TAHUN INI MULAI NAIK - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » PBB DIKELOLA PEMKAB KLATEN TAHUN INI MULAI NAIK

PBB DIKELOLA PEMKAB KLATEN TAHUN INI MULAI NAIK

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 22 Mei 2014 | 20.18




 
SPPT PBB 2014 Perdesaan naik



Karangnongko  ~  ‘Orang bijak taat pajak ‘ merupakan slogan pemerintah untuk menggugah kesadaran warga masyarakat untuk membayar pajak.

Salah satu jenis pajak yang harus ditanggung warga adalah Pajak Bumi dan Bangunan atau yang familiar dengan PBB.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku bahwa PBB sejak 1 Januari 2013  dan seterusnya mulai dikelola pemerintah kabupaten Klaten.Sebelumnya PBB dikelola kantor pajak pratama dibawah Kementrerian Keuangan Republik Indonesia.

Sudah diprediksi sejak awal pemkab Klaten tidak perlu waktu lama pasti akan menaikkan PBB dengan alasan  guna menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Mulai tahun 2014 , PBB pedesaan di wilayah desa Kadilaju naik ,dan batas waktu pelunasannya atau jatuh tempo pada tanggal 30 September 2014 demikian penuturan Giyarno selaku ketua RT saat membagikan surat pemberitahuan pajak terhutang pajak bumi dan bangunan ( SPPT PBB) tahun 2014 kepada warganya dalam suatu rapat rutin malem Minggu Pahing (17/5).

Kenaikan dapat dilihat pada SPPT PBB tersebut meliputi nilai jual obyek pajak (NJOP) per meter persegi dari semula (2013) Rp 27.000,00 menjadi Rp 36.000,00 (2014).Kenaikan pada obyek pajak tanah pekarangan dan tanah sawah  nilainya sama yakni naik Rp 9.000,00 per meter persegi atau sekitar 33,33 %,demikian jelasnya.

Kenaikan yang tanpa disosialisaikan terlebih dulu ini membuat sejumlah wajib pajak terkejut .Sebagaimana penuturan salah satu wajib pajak Doni , dengan kenaikan NJOP 33,33 % total PBB yang harus ditanggung semula sekitar Rp 98.090,00 sekarang naik menjadi Rp 124.820,00 atau naik 27,25 %.

Sebagian besar tanahnya berupa tanah sawah dan sementara beberapa tahun terakhir hasil panennya jelek sehingga bagi para petani merasa cukup diberatkan atas kenaikan PBB ini,demikian keluhnya.

Warga hanya pasrah atas kebijakan pemkab Klaten ini,namun berharap semoga pengelolaan dilakukan dengan baik dan dikembalikan untuk kesejahteraan masyarakat seperti perbaikan jalan misalnya,jangan malah dikorupsi.

Disamping itu agar administrasi PBB segera dibenahi ,karena ditemukan banyak kesalahan diantaranya nama WP di SPPT yang tidak sesuai dengan nama pemiliknya padahal sudah dibalik nama , dobel SPPT PBB dan beberapa tahun tidak keluar SPPT nya, demikian rangkuman hasil rapat yang disampaikan ketua RT 03 RW 1 desa Kadilaju pada kontributor klaten info.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info