LUAR BIASA DUA BATANG SENGON 'RAKSASA' DITAWAR LIMA BELAS JUTA RUPIAH - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » LUAR BIASA DUA BATANG SENGON 'RAKSASA' DITAWAR LIMA BELAS JUTA RUPIAH

LUAR BIASA DUA BATANG SENGON 'RAKSASA' DITAWAR LIMA BELAS JUTA RUPIAH

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 14 Juni 2014 | 18.57




 
                             Pohon sengon laut raksasa menjulang tinggi diantara rumpun bambu

Karangnongko   ~   Barangkali karena merasa belum begitu butuh uang pemilik dua batang pohon sengon laut  tersebut tidak  akan melepas kepada pembeli dari Gadungan dengan iming-iming uang lima belas juta rupiah.Hal tersebut sebagaimana diceritakan oleh H Soetrisno di kediamannya padukuhan Santan ,desa Keputran ,kecamatan Kemalang kepada kontributor klaten info .

Saya minta tiga puluh juta untuk dua batang pohon sengonnya yang memiliki lingkar  batang setinggi dada sekitar  dua meteran itu.Dua pohon sengon laut  'raksasa'  yang tumbuh diantara rumpun bambu apus menjulang tinggi hingga puluhan meter tersebut diperkirakan telah berumur puluhan tahun.Letaknya tumbuhnya strategis dekat dengan jalan ,sehingga memudahkan pengangkutan kayunya jika di tebang.

Tepatnya saya tidak tahu kapan pohon itu ditanam ,memang  diakui sejatinya pohon sengon atau albasia (albizia falcataria) itu tidak sengaja ditanam tetapi tumbuh dengan sendirinya di kebon suwung tersebut ,demikian penuturan pensiunan mantri kesehatan Puskesmas Kemalang itu.
Disamping dengan alasan belum mendesak , beberapa tahun yang lalu tetangga desa nya ada yang menjual sebatang pohon sengon putih  laku Rp 12,5 juta padahal masih kalah besar dibanding pohon miliknya.

Jadi wajar kalau saat ini saya minta Rp 30 juta untuk dua batang pohon yang dipercaya masih akan terus tumbuh membesar.Kalau belum ada yang mau ya biar tumbuh semakin gede ,kebetulan lokasi subur dan jauh dari serangan penyakit jamur upas yang mematikan itu  kilahnya.

Dan seandainya dilepas pemilik minta dibayar tunai,pasalnya pernah tahun 2004 pohon sengonnya dibeli pedagang senilai Rp 1,5 jutaan ternyata diapusi alias tidak dibayar hingga sekarang ,padahal masih tetangganya sendiri ,demikian harapnya.


 
 Lokasinya dekat jalan memudahkan pengangkutan saat dipanen



Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info