KEPALA ARCA DI SENDANG TIRTO MULYANI TERNYATA TIDAK ASLI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » KEPALA ARCA DI SENDANG TIRTO MULYANI TERNYATA TIDAK ASLI

KEPALA ARCA DI SENDANG TIRTO MULYANI TERNYATA TIDAK ASLI

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 15 Juni 2014 | 18.11

 
Kepala Arca itu telah diganti karena yang asli raib dicuri maling  




Kebonarum   ~   Sebagian warga menyebut Klaten layak menyandang predikat kota ‘Candi ‘.Pasalnya disamping candi-candi yang telah kesohor seperti candi Jonggrang , Sewu , dan Plaosan masih banyak candi kecil serta situs yang belum tergali secara optimal.

Bahkan menurut pengamatan dilapangan banyak benda cagar budaya peninggalan purbakala seperti  arca berserakan di berbagai lokasi.Salah satunya adalah arca Ganesha yang berada di tengah sawah wilayah desa Nglinggi.

Disamping itu di komplek pemandian umbul Cilik atau yang familiar dengan sebutan sendang Tirto Mulyani di padukuhan Pluneng ,kecamatan Kebonarum terdapat sebuah arca dan beberapa batu benda cagar budaya.Sekilas  terlihat dengan mata  dari kejauhan  arca yang berada ditengah pemandian itu nampak apik dan utuh.

Namun menurut penuturan Widodo  ( 47 tahun) warga padukuhan setempat ,bahwa sejatinya kepala arca tersebut sudah tidak asli lagi. Kalau dilihat dari dekat akan kelihatan sambungannya dan pahatan serta jenis batunya tidak sama persis dengan tubuh arca  yang asli.

Konon kepala arca aslinya  dicuri orang yang tidak bertanggung jawab pada malam hari dengan cara di gorok.Dan warga kaget ketika mengetahui hilangnya kepala arca tersebut.Tidak ada warga yang mendengar suara mencurigakan pada malam kejadian itu ,padahal dekat rumah penduduk,demikian Widodo kecil kala itu mengaku ikut menyaksikan.

Hilangnya kepala arca belasan tahun silam hingga kini masih menjadi misteri.Maling benda cagar budaya tersebut belum diketahui pasti identitasnya dan potongan kepala yang raib itu entah dibawa kemana .


 
 Batu-batu benda cagar budaya berserakan di Umbul Cilik ,Pluneng.

Arca dan  batu-batu  yang diduga material candi yang ada di sendang itu sudah terdaftar sebagai benda cagar budaya ,barangkali manakala hanya mengandalkan pemerintah saja dalam pengawasan dan menjaga keamanannya dirasakan cukup berat ,maka dibutuhkan peranserta warga masyarakat sekitar agar merasa ikut handarbeni demikian imbuh Widodo  yang berulang tahun ke 47 pada tanggal 4 Juni kemarin kepada kontributor klaten info.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info