POKTAN ‘KANDANG BAMBU’ NGEMPLAK PILIH FOKUS BREEDING KAMBING - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » POKTAN ‘KANDANG BAMBU’ NGEMPLAK PILIH FOKUS BREEDING KAMBING

POKTAN ‘KANDANG BAMBU’ NGEMPLAK PILIH FOKUS BREEDING KAMBING

Written By kiswanto adinegara on Senin, 14 Juli 2014 | 15.00





 
Jenis kambing PE dan Kacangan menjadi komoditas pilihan berbudidaya



Karangnongko ~  Beberapa wilayah desa di kecamatan Karangnongko ,kabupaten  Klaten pemanfaatan tanahnya untuk pekarangan dan pertanian lahan kering . Diantara  desa-desa yang tidak memiliki lahan basah tersebut salah satunya adalah desaNgemplak.

Menurut Okky  SW ,Penyuluh Pertanian Lapangan setempat  bahwa desa Ngemplak memiliki potensi untuk pengembangan usaha dibidang kehutanan , perkebunan dan peternakan.

Berdasarkan penuturan Saminu salah satu tokoh pemuda yang kemudian juga menjadi pengurus  bahwa atas motivasi aparat munculah gagasan upaya pemberdayaan kawula muda dalam pengembangan usaha ekonomi produktif mengacu pada potensi  sumberdaya yang ada.

Dan untuk mewujudkan impian itu kemudian pada bulan November 2013  oleh sekurangnya 10 orang sepakat mendirikan  kelompok tani peternak  yang diberi nama ‘Kandang Bambu’.

Komoditas kambing Peranakan Etawa dan atau kacangan menjadi pilihan utama dalam usaha yang fokus pada perbibitan ternak atau breeding itu.Pilihan ini diyakini akan lebih efektif dan efisien sehingga cepat memberikan keuntungan secara nyata.

Dari usahatani ternak kecil ini diharapkan akan dihasilkan anakan kambing .Disamping itu kotoran ternak akan menjadi pupuk organik yang dapat menyuburkan lahan kering yang menjadi sarana produksi pertanian  , kehutanan dan perkebunan milik kelompok tani.

Pada saat awal berdirinya  kelompok merintis bermitra dengan pihak perbankan guna memupuk  permodalan , dan setidaknya telah lima orang anggota memanfaatkan kredit dengan plafon antara  Rp 5 – 80 juta tersebut.Atas bantuan keuangan tersebut populasi ternak dapat meningkat .Demikian Saminu skretaris poktan yang memiliki 10 ekor kambing itu menuturkan.

Yang lebih membanggakan setelah kurang lebih  6 bulan berjalan beberapa ekor indukan kambing sudah  bunting dan melahirkan  cempe.Sementara catatan populasi awal dari 50 ekor  kini sudah mencapai 100 an ekor,katanya optimis dan bangga kepada kontributor klaten info .

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info