POKTAN TANI MULYO MULAI TANAM PADI PEPE DI LAHAN SL-PTT - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » POKTAN TANI MULYO MULAI TANAM PADI PEPE DI LAHAN SL-PTT

POKTAN TANI MULYO MULAI TANAM PADI PEPE DI LAHAN SL-PTT

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 11 Juli 2014 | 16.00




 Adi Sumarno kapoktan Tani Mulyo dilahan SL-PTT padi pepe (11/7)



Kebonarum  ~  Konon pertumbuhan penduduk menganut deret ukur sementara peningkatan produksi pangan ( beras ) mengikuti deret hitung.

Dengan demikian beban pemerintah untuk mencukupi kebutuhan pangan khususnya beras  kedepan menghadapi tantangan yang sangat besar.Fenomena petumbuhan penduduk yang cepat ,dengan peningkatan produksi padi yang cenderung ‘leveling off’  diikuti kian cepatnya alih fungsi lahan pertanian pangan ke non pertanian  menjadi pekerjaan rumah terbesar pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi dan produktivitas padi dengan melaksanakan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) komoditas pangan.

Prinsip SL-PTT adalah mengelola sumberdaya dan teknologi secara terpadu.Antar teknologi saling mendukung sedangkan  teknologi dan lingkungan disesuaikan dengan ekonomi & budaya setempat.Teknologi diuji dan dipilih petani sendiri.

Untuk tahun 2014 salah satu  peserta  SL-PTT padi adalah kelompok tani  Tani Mulyo yang beralamat di Geneng ,desa Karangduren, kecamatan Kebonarum, kabupaten Klaten.

Menurut penuturan Adi Sumarno ketua poktan Tani Mulyo , sudah beberapa kali ditunjuk sebagai peserta SL-PTT padi bersama dua poktan lainnya di desa Karangduren.

Lokasi laboratorium lapangan seluas satu hektar  yang dimiliki empat orang petani telah mulai ditanami benih padi varietas baru bernama pepe ,dengan sitem tanam jajar legowo di bulak kidul padukuhan Geneng pada minggu ini sudah rampung.Dan papan nama SL-PTT juga sudah dipasang dipinggir jalan raya Deles Indah.

Dalam pelaksanaan tahun ini poktan memperoleh bantuan diantaranya berupa benih ,pupuk dan biaya pertemuan.Namun pupuk anorganiknya hingga saat ini belum siap katanya saat ditemui kontributor klaten info dilokasi (11/7). Adi Sumarno juga mengeluhkan minimnya bantuan biaya pertemuan kelompok sehingga menyebabkan poktan harus nombok imbuhnya.

Disamping itu Adi Sumarno menagih janji Dinas Pertanian Klaten yang berjanji akan mengganti bantuan pompa air  9 PK dengan yang lebih kecil,pasalnya yang ada sekarang terlalu besar sehingga tidak praktis  operasionalnya dilapangan,dengan demikian kurang efektif dan efisien tuturnya  ,lebih-lebih ini marengan petani butuh air irigasi kepada klaten info.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info