BULUS BESAR ITU KLANGENAN BUKAN ‘ PESUGIHAN ‘ - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » BULUS BESAR ITU KLANGENAN BUKAN ‘ PESUGIHAN ‘

BULUS BESAR ITU KLANGENAN BUKAN ‘ PESUGIHAN ‘

Written By kiswanto adinegara on Senin, 11 Agustus 2014 | 17.27





 
Bulus Klangenan Lik Jemiko sedang makan timun

Karangnongko ~  Mitos bulus Jimbung dapat untuk dijadikan pesugihan sudah sangat familiar bagi masyarakat Klaten dan sekitarnya sejak  dahulu kala.

Namun untuk bulus atau kura-kura yang satu ini warnanya hitam ,bukan seperti yang di sendang Jimbung berkulit poleng  hitam dan putih kekuningan.

Ketika dibeli di Jakarta sekitar delapan tahun silam bibitnya masih kecil kira-kira diameter  4 senti meteran,demikian penuturan Puji anak siempunya kepada klaten info.

Sekarang sudah  besar dengan diameter  antara 30 – 45 senti meter, dan dikandangkan di bekas kolam lele disamping utara warung makan Bu Citra Gendhut kidul pasar Kembang ,wilayah kecamatan Karangnongko yang cukup kondang dan laris manis.


 Tujuan memelihara bulus ini semata –mata hanya untuk klangenan , bukan untuk pesugihan atau penglaris warung makan akunya sambil begurau.

Barangkali kalau dijual bisa laku cukup mahal ,namun sayang rasanya mengingat sedari masih imut memeliharanya, demikian Lik Jemiko owner  bulus menuturkan.

Satwa lucu yang gerakannya lamban ini setiap hari diberi pakan berupa sayuran diantaranya timun.Dan sesekali muncul di depan pintu dan nampak dibalik kandang yang terbuat dari kawat strimin.

Sejumlah anak-anak suka melihat satwa ini , karena merupakan binatang kesayangan yang cukup langka keberadaannya di wilayah tersebut.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info