GARA-GARA ‘SENTHIR’ RUMAH MBAH PAIRO NYARIS TERBAKAR - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » GARA-GARA ‘SENTHIR’ RUMAH MBAH PAIRO NYARIS TERBAKAR

GARA-GARA ‘SENTHIR’ RUMAH MBAH PAIRO NYARIS TERBAKAR

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 09 Agustus 2014 | 06.36

Rumah yang nyaris dilalap si Jago Merah.


Karangnongko  ~  Rumah kecil dan sederhana berdinding batako itu merupakan bantuan pemkab Klaten dalam program pemugaran rumah kurang layak huni dua tahun silam.

Penghuninya seorang janda bernama mBah Pairo dengan seorang anak lelakinya bernama Slamet Syaiker yang masih menjomblo kendati sudah berumur.

Rumah yang berlokus di padukuhan dan desa kidul pasar Kembang  , kecamatan Karangnongko tersebut memang belum terpasang jaringan listrik PLN.Terkadang diterangi cahaya listrik manakala aliran dari bendhengan berjalan lancar.

Belum lama ini , Minggu Pahing bakda sholat Maghrib barangkali aliran listrik sedang ngadat sehingga untuk menerangi rumah harus dinyalakan sebuah senthir.

Barangkali mBah  Pairo  menaruh senthirnya terlalu mepet dengan penyekat ruangan yang terbuat dari kepang bambu.Kebetulan sore itu angin memang bertiup agak kencang.

Tak disadari ketika mbah Pairo ada diluar rumah api senthir yang mobat-mabit tertiup angin menyambar kepang hingga menyala. 

Si jago merah alias api sempat berkobar cukup tinggi dan besar ,namun sebelum melalap atap dan seisi rumah mujur segera diketahui atas pemberitahuan tetangga yang sudah tiga kali mengingatkannya,demikian penuturannya kepada klaten info.

Sehingga dengan guyuran beberapa gayung air dari dapur dan kebutan kain seadanya akhirnya api dapat dipadamkan ,tanpa ada cidera dan korban jiwa.

Peristiwa ini semoga menjadi pengalaman bagi siapapun untuk lebih berhati-hati dan waspada ketika menyulut lilin atau sentir saat listrik oglangan , imbuhnya.

Oleh : Kiswanto  

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info