KINI BIAYA AKAD NIKAH DILUAR KUA 600 RIBU RUPIAH - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » KINI BIAYA AKAD NIKAH DILUAR KUA 600 RIBU RUPIAH

KINI BIAYA AKAD NIKAH DILUAR KUA 600 RIBU RUPIAH

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 19 September 2014 | 21.15


 
Pernikahan dilaksanakan diluar KUA ,bayar  Rp 600.000,00



Karangnongko  ~  Biaya nikah dengan ‘mbedhol’ petugas kerumah sebesar Rp 600.000,00 ( enam ratus ribu rupiah ) demikian penuturan Yadi warga Kadilaju kepada klaten info yang  telah melangsungkan pernikahan  pada 7 September 2014 .

Ketentuan ini sudah jelas karena sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2014 yang berlaku sejak 10 Agustus 2014 ,demikian Eddy  didampingi petugas pembantu pencatat nikah setempat saat menjadi saksi pernikahan Sri Fatonah dengan Budi Santoso Priyadi menuturkan kepada klaten info.

Dalam PP nomor 48/2014 teantang biaya nikah secara jelas disebutkan bahwa jika melaksanakan akad nikah di KUA tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis,tetapi jika akad nikah berlangsung diluar kantor urusan agama dikenakan biaya Rp 600.000,00 dan masuk ke kas negara sebagai penerimaan negara bukan pajak.

Karena PP ini masih baru barangkali belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas maka diperlukan sosialisasi secara intensif , demikian Maryono kaur kesra setempat menuturkan.

Sebelum PP terbaru ini terbit ,tidak ada pengaturan secara jelas berapa biaya melangsungkan akad nikah diluar KUA , bahkan terakhir pemberian uang kepada petugas KUA yang datang dianggap sebagai tindakan gratifikasi yang secara hukum merupakan tindakan pidana.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info