MISTERI POHON DOYA TUA DI TENGAH SAWAH - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » MISTERI POHON DOYA TUA DI TENGAH SAWAH

MISTERI POHON DOYA TUA DI TENGAH SAWAH

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 26 Oktober 2014 | 05.00



Pohon Doya langka  tumbuh subur

Karangnongko  ~  Dalam acara layatan wafatnya alm Sunarto ( 69 tahun ) yang merupakan petani gigih dan berhasil dalam berusahatani  ( 26/10 ) sejumlah teman sejawatnya menuturkan bahwa salah satu usaha agar tanaman padinya berproduksi tinggi tak segan mencari air irigasi ditengah kegelapan malam dibulak sawah yang sepi.

Menurut penuturan Tukimin almarhum pernah di wedheni alias diganggu makhluk astral hitam bernama gendruwo saat nurut banyu malam hari di lokasi Ndoya kulon padukuhan Puloh desa Kadilajo.


Doya merupakan sebuah nama lokal pohon yang kian langka konon disukai makhluk halus alias dhemit.Pohon yang berusia puluhan tahun yang tumbuh diujung  timur sawah  Suwito pelem gedhe  memang dikenal angker dan penuh misteri sejak lama.

Kendatipun pohon yang tua berumur ratusan warsa telah roboh dan kini tinggal anakan doya kecil namun ketenaran bulak Doya yang sangat ditakuti petani utamanya saat nurut air pada malam hari masih melegenda.

Menurut Sumardjo sesepuh desa Ndoya dikenal sebagai kraton lelembut yang sering mengganggu orang khususnya pada malam hari.

Masih di bulak Doya ,tepatnya di teteg atau pintu air  juga sering muncul penampakan sejumlah makhluk astral mirip anak-anak kecil yang bermain disitu ,imbuh Tukimin .

Memang di sekitar buk deker jalan Kali Woro dulu terjadi kecelakaan yang menyebabkan tewasnya perempuan yang lehernya terlilit kain jarik yang tersangkut gir sepeda motor , juga dua remaja tewas akibat tabrakan saat balapan liar dan seorang perempuan tua menghembuskan nafas terakhirnya disitu akibat tersambar sepeda motor pembawa bronjong dipagi buta.

Sehingga bukan tidak mungkin daerah sekitar bulak Doya yang wingit kian sempurna misteri keangkerannya dari masa kemasa, demikian imbuh Tugino kepada klaten info.
 
Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info