MISTERI RUMAH TUA DIBONGKAR YANG 'MINTA KEMBALI' DI MIPITAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » MISTERI RUMAH TUA DIBONGKAR YANG 'MINTA KEMBALI' DI MIPITAN

MISTERI RUMAH TUA DIBONGKAR YANG 'MINTA KEMBALI' DI MIPITAN

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 10 Oktober 2014 | 22.41

Rumah tua itu dikembalikan bagai semula namun berteras kuncung



Karangnongko  ~  Sudah menjadi rahasia umum bahwa pada rumah-rumah tua peninggalan masa lalu banyak yang diselimuti seribu misteri.

Lazimnya rumah – rumah pada zaman baheula  dibangun dengan laku prihatin ,menggunakan petung dan disertakan berbagai uba rampe yang diyakini agar rumah dan penghuninya kelak selamat dan ayem tentrem selamanya.

Sebagaimana ditemukan di padukuhan Mipitan ,desa Somokaton,kecamatan Karangnongko , ada sebuah rumah tua berbentuk limasan dan dibuat dari kayu nangka tua dan pilihan.

Silih berganti generasi yang mendiami rumah yang posisinya agak ditengah kampung itu ,dan beberapa tahun lalu oleh pemiliknya yang tergolong muda berkeinginan merombak rumah khas Jawa tersebut dengan model minimalis terkini.


Akhirnya rumah yang konon telah dimakan usia ratusan warsa itu dibongkar dan kayunya seperti tiang , dan blandarnya akan dirajang untuk bahan pertukangan terkini.

Namun apa yang terjadi ,sungguh diluar nalar dan sangat mengagetkan. Ketika seonggok kayu bongkaran diusung ke sebuah lokasi penggergajian dan belum sempat digergaji malam harinya kayu – kayu itu ‘minta dipulangkan’ kelokasi semula.

Permintaan itu diduga disampaikan 'penunggu rumah ' yang menempati salah satu cagak tua dengan cara mrimpeni tidak saja pada sang pemilik tapi juga  pada tukang kayu dan tukang gergajinya.

Sontak  seketika itu juga pengrajangan kayu dibatalkan ! .Takut akan terjadi sesuatu yang tidak diharapkan  seluruh kayu kemudian diangkut pulang  dan segera di kembalikan sebagaimana bentuk rumah semula , hanya saja emperannya diganti dengan teras berbentuk kuncung.

Pasca  rumah itu dibangun lagi , orang-orang yang semula diprimpeni merasa lega dan tenang kembali sebagaimana dituturkan nara sumber terpercaya Weyen warga dan sesepuh desa setempat yang mantan pejabat  bidang pendidikan kabupaten pada klaten info.

Waallahu ‘alam bishawaf

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info