KOLOM AGAMA KTP BOLEH STRIP DAN ALIRAN KEBATINAN PERJALANAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » KOLOM AGAMA KTP BOLEH STRIP DAN ALIRAN KEBATINAN PERJALANAN

KOLOM AGAMA KTP BOLEH STRIP DAN ALIRAN KEBATINAN PERJALANAN

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 21 November 2014 | 00.00


 
Aliran Kebatinan Perjalanan ada di desa Kadilajo-Klaten

Karangnongko  ~  Masih hangat dalam pemberitaan tentang wacana boleh mengosongkan  data agama seseorang dalam kartu tanda penduduk apabila orang tersebut tidak menganut salah satu agama dari enam agama yang ada di negeri Indonesia ini.


Menurut Suradi kades Kadilajo pada rapat sosialisasi administrasi kependudukan yang dihadiri ketua RW ,RT ,perangkat desa serta sejumlah tokoh masyarakat di balai desa Rabu (12/11) seseorang pada pencetakan E-KTP yang berlaku seumur hidup baru nanti  boleh tidak mencantumkan agamanya ,manakala nama ‘agama’  yang dianutnya tidak tercamtum  dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku alias diluar enam agama yang diakui pemerintah.

Sebagai contoh di Kadilajo ada sebuah komunitas penganut aliran kepercayaan masyarakat (pakem) yang bernama ‘aliran kebatinan Perjalanan  dibawah kepemimpinan Sudirman warga Gereh yang berstatus aparat sipil negara bertugas di SDN setempat.

Aliran Kebatinan ini telah terdaftar di pemerintah kabupaten Klaten dengan register Nomor  885 P .318 DSB.I /8/1993 dan bermarkas di padukuhan Margorejo ,desa Kadilajo ,kecamatan Karangnongko.Namun lazimnya di KTP anggota pakem tersebut masih tetap mencantumkan agama yang dianutnya.


Sebagai contoh salah satu warga setempat bernama Yanto telah meninggal dunia ,ia adalah penganut aliran kebatinan perjalanan tersebut sementara di KTP nya tercantum salah satu agama dari enam yang ada di negeri ini.

Maka jelas pangrukti jenazahnya oleh keluarga menggunakan cara-cara sesuai agama yang dianutnya ketika Yanto masih hidup.Sedangkan untuk mendoakan arwahnya komunitas aliran kepercayaan dan jamaah sesuai agamanya melakukannya dengan cara masing-masing tanpa harus bertabrakan demikian kaur kesra desa Kadilajo menuturkan kepada klaten info.

Namun ketika kolom agama strip alias kosong di KTP barangkali akan ditemukan atau berpotensi menimbulkan masalah ketika pemiliknya akan menikah dan meninggal dunia ,demikian pernyataan dari salah satu tomas yang hadir dalam rapat tersebut.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info