MISTERI BAU WANGI MELATI DIMALAM SATU SYURO - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » MISTERI BAU WANGI MELATI DIMALAM SATU SYURO

MISTERI BAU WANGI MELATI DIMALAM SATU SYURO

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 06 November 2014 | 00.00

 
Rumah Angker yang dihuni Peri di kidul Bonarum




Karangnongko  ~    Bulan Syuro alias Muharram bagi komunitas Jawa dapat dimaknai  sebagi bulan yang sakral dan penuh misteri.Sehingga ada pemeo ‘le adus setahun sepisan pas tanggal siji Syuro ‘ ,demikian pula menjamasi benda pusaka juga dilakukan setahun sekali pada bulan yang menjadi pantangan sebagian orang untuk melaksanakan hajatan itu.

Lazimnya malam pergantian tahun Hijriyah atau lebih familiar dengan malem siji Syuro  berbagai ritual dilakukan. Ada yang tirakatan berburu berkah dengan lek-lekan semalam suntuk ditempat yang dianggap keramat , ada yang kungkum di sungai , atau sekedar jalan-jalan menghilangkan kejenuhan.

Dipercaya sebagian orang ,atau bahkan menjadi mitos dibulan Syuro makhluk halus pada bergentayangan utamanya pada malam hari.Sehingga zaman dulu anak-anak sering melakukan kegiatan ‘neklek’  atau berjalan bersama keliling kampung dengan menabuh kentongan hingga dinihari guna mengusir  syetan yang bergentayangan.

Sebagaimana dialami  Dewa seorang warga Karangnongko saat malam satu Syuro melewati jalan raya antara tugu segitiga dan perempatan kidul Bonarum sekitar pukul 23.30 WIB tiba-tiba hidungnya menghirup bau wangi bunga melati yang sangat menyengat ,setelahnya lenyap sama sekali akunya saat bertemu denga klaten info.

Perasaannya  tidak begitu takut hanya bertanya-tanya dalam hati ada apa kok aroma melati itu dapat menembus  lubang hidungnya yang terberangus dan dalam helm cakil yang rapat,dan sepertinya dilingkungan itu tidak ada kebun bunga melati yang sedang berbunga,imbuhnya penasaran.

Investigasi klaten info untuk mencari jawaban itu dengan menemui dan mengkonfirmasi ketua RT 01, RW 10 desa setempat. Menurut penuturan Slamet Widodo  memang disebuah rumah suwung kidul Bonarum yang untuk praktek pengobatan itu dikenal angker .

Konon menurut pengakuan orang-orang yang pernah diwedheni dirumah itu dihuni makhluk astral berupa sosok perempuan cantik yang berbau wangi atau familiar dengan sebutan peri.

Jadi menurut tokoh masyarakat yang masih muda itu kejadian yang dialami Dewa barangkali cocok dengan kepercayaan warga setempat akan adanya Peri yang sering menggoda para pejalan dimalam hari dengan cara menabur bau wangi melati.

Jadi betul Mas Dewa di godaiin sang Peri malam itu..semoga ada hokky...selorohnya mengakhiri pembicaraan.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info