BANJIR MELUAP RUSAKKAN KOLAM IKAN TIRTO MULYO - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » BANJIR MELUAP RUSAKKAN KOLAM IKAN TIRTO MULYO

BANJIR MELUAP RUSAKKAN KOLAM IKAN TIRTO MULYO

Written By kiswanto adinegara on Senin, 10 November 2014 | 20.09




 
Dinding kolam ambrol diterjang luapan banjir


Karangnongko  ~  Hujan yang perdana yang dinilai  terlambat mulai Sabtu (  8/11 ), turun cukup deras disertai angin  dan petir.

Informasi yang dihimpun klaten info hingga hari ketiga Senin ( 10/11 ) sekitar pukul  14.00 – 15.30 WIB tiba-tiba langit mendung disusul hujan sangat deras dan merata hingga daerah lereng Merapi.

Hal ini menyebabkan banjir besar hingga sungai kulon padukuhan Kadilaju yang bermuara ke kali Gedhe – Dengkeng  meluap.

Luapan air bah yang melewati pintu air bendung kecil kali Beran mengalir liar sehingga merusakkan sebuah kolam ikan kedua dari utara berupa dinding taludnya roboh sepanjang sekitar  4 meter demikian penuturan Iwan anggota poktan saat ceking lokasi pasca banjir usai.

Disamping itu kolam paling utara tergelontor air penuh sampah dan diduga menyebabkan sebagian ikan ikut hanyut dibawa banjir.

Sedangkan kolam ketiga paling selatan juga meluap tidak mampu menahan limpahan air dari saluran irigasi  diatasnya sehingga diduga ikan yang ada  sebagian hilang.


Pengurus dan anggota poktan bersemangat  membersihkan kolam dan lingkungannya dari sampah dan memindahkan ikan yang tersisa kekolam pekarangan milik Jemiko dan Susanto demikian Maidi salah satu anggota poktan menjelaskan.

Sementara diputuskan akan segera memperbaiki kerusakan yang ada serta memasang buis beton pada pintu air , meninggikan talud , serta membuat saluran pelimpah pada kolam paling utara.

Menurut  Sukeni bendahara poktan nilai kerugian akibat bencana alam banjir ini baru dihitung namun dipastikan hingga mencapai nilai jutaan rupiah, imbuhnya.

Ungkapan rasa ikut prihatin atas musibah  yang menimpa poktan yang baru saja meresmikan dan melaksanakan lomba mancing dengan sukses itu ( 9/11)  mengalir dari berbagai simpatisan agar tetap semangat , sabar dan dibalik musibah pasti ada hikmah kata Olix Solihin salah satu warga Jogonalan yang sangat bersimpati atas kegigihan dan kemajuan poktan Tirto Mulyo.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info