SEBAGIAN BESAR AIR SUMUR DESA KADILAJO TAK LAYAK KONSUMSI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » SEBAGIAN BESAR AIR SUMUR DESA KADILAJO TAK LAYAK KONSUMSI

SEBAGIAN BESAR AIR SUMUR DESA KADILAJO TAK LAYAK KONSUMSI

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 19 November 2014 | 00.30

 
Air dengan kandungan Fe tinggi tinggalkan kerak kuning kecoklatan


Karangnongko  ~  Menurut  Suradi kades Kadilajo  bahwa sebagian besar air dari sumur warga di wilayah desa Kadilajo tidak layak dikonsumsi.

Hal ini diketahui setelah sejumlah sampel air sumur diteliti di laboratorium Dinas Kesehatan kabupaten Klaten  hasilnya kandungan zat besi ( Fe ) nya diatas ambang batas yang diperkenankan.

Kandungan zat besi tinggi dapat dilihat jika kain putih dicuci tentu akan cepat berwarna kekuningan ,demikian pula pada dinding kamar mandi berkerak dan warnanya kuning kecoklatan.

Fakta kurang layaknya air minum dari sumur juga diakui Jumarno ketua RW di Margorejo , sehingga ia tidak memanfaatkan air sumur untuk keperluan sehari-hari namun memilih membeli air mineral .Kalau punya hajat lebih memilih ngangsu pakai truk tanki air dari sumber yang layak konsumsi tuturnya kepada klaten info.

Sedangkan untuk wilayah kadus 1 meliputi padukuhan Gempol , Kalikajar dan Kadilaju  merupakan satu-satunya wilayah yang memiliki sumber air termasuk sumur layak konsumsi ,demikian  penuturan Suradi saat rapat yang dihadiri seluruh ketua RW,RT ,perangkat desa dan tokoh masyarakat bertempat di balai desa ( 12/11 ).


Untuk mengatasi  permasalahan tersebut  akan segera dilakukan survei guna mencari solusi mendapatkan air bersih layak konsumsi secara efektif dan efisien.Apakah dengan membuat sumur dalam atau mengambil air bersih dari sumber  kali Tanjung kita tunggu nanti .

Dan untuk pembiayaan akan diajukan proposal  guna mendapatkan proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat  ( Pamsimas ) dengan anggaran sekitar Rp 220 juta  per kegiatan ,imbuh kades yang sudah dua periode menjabat itu.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info