WARGA RW I KADILAJO SANGAT MERINDUKAN KETUA RW - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » WARGA RW I KADILAJO SANGAT MERINDUKAN KETUA RW

WARGA RW I KADILAJO SANGAT MERINDUKAN KETUA RW

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 27 November 2014 | 00.00




 

Haryoko tomas Kadilaju  sampaikan aspirasi warga



Karangnongko  ~  Pasca pengunduran diri Sutardjo ketua RW I desa Kadilajo pada Sabtu Pon,15 Maret 2014 dihadapan forum rapat dan diterima warga.Jalannya roda kepengurusan yang nampak kurang sehat  semakin limbung baca berita terkait Ketua RW I Kadilaju Mengundurkan diri di http://karangnongko.klaten.info.

Disusul undur dirinya Suratman selaku wakil ketua RW I pada Sabtu Pon ,15 November 2014 membuat kepengurusan kian tidak jelas jluntrungnya dalam melaksanakan tupoksi.

Ketidak berdayaan kepengurusan RW I  dinilai menjadi biang penyebab tersandangnya stigma buruk kinerja RW I dimata pemerintah desa sebagaimana penuturan Iwan Wijayanto Babinsa setempat kepada klaten info.
Berbeda dengan alasan sang ketua mundur karena tidak ada lagi waktu buat warga mengingat tugasnya yang besar dan konon berskala dunia, Suratman beralasan ‘nglokro ‘ akibat kadus I sebagai unsur perangkat desa tidak dapat berperan aktif melaksanakan tugasnya dengan baik sebagaimana ditulis dalam akun medsosnya.

Berdasarkan Permendagri Nomor 5 / 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan ,Rukun Warga (RW) merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan mitra pemerintah desa yang dibentuk oleh masyarakat melalui musyawarah dan mufakat pengurus RT diwilayah kerjanya yang ditetapkan oleh pemerintah desa.

Dalam melaksanakan tugasnya ketua RW membantu menjalankan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah desa,memelihara kerukunan hidup warga dan menyusun rencana serta melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.

Dan mempunyai fungsi pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintah lainnya,pemeliharaan keamanan,ketertiban dan kerukunan hidup antar warga, pembuat gagasan dalam pelaksanaan pembangunan,serta penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat wilayahnya.

Mengingat keberadaan dan peran RW sangat penting dan strategis ,sementara kepengurusan RW I tidak lengkap dan solid sehingga pelaksanaan tupoksinya tidak berjalan sebagaimana mestinya.Juga dalam rangka menyongsong implementasi UU Desa kedepan maka perlu solusi cepat dan tepat terhadap persoalan ini.

Warga RW I melalui forum RT 1,2 dan 3 , tokoh masyarakat dan pemuda  sangat berharap segera ada reorganisasi dan konsolidasi kepengurusan  RW secara aman,damai dan sesuai aturan main yang ada sebagaimana diungkapkan Haryoko tokoh masyarakat setempat.

Kehadiran sosok ketua RW I baru untuk lima tahun kedepan yang mempunyai kemauan,kemampuan dan kepedulian sangat dirindukan, selambatnya awal tahun 2015 sudah ada kepengurusan baru demikian Trimanto ketua pemuda Kadilaju menuturkan kepada klaten info.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info