BANK DARAH RSST KLATEN BUKA HANYA SESUAI JAM KERJA DIKELUHKAN PASIEN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » BANK DARAH RSST KLATEN BUKA HANYA SESUAI JAM KERJA DIKELUHKAN PASIEN

BANK DARAH RSST KLATEN BUKA HANYA SESUAI JAM KERJA DIKELUHKAN PASIEN

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 06 Desember 2014 | 23.11



 
RSST Klaten jalin kerjasama dengan PMI kota Yogyakarta.

Klaten Selatan  ~  Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Soeradji  Tirtonegoro Klaten ( RSST Klaten ) merupakan RS milik pemerintah pusat yang pengelolaannya dibawah  Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan,Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sebagai rumah sakit yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima bagi setiap pasiennya, sejatinya berbagai upaya telah dilakukan.

Namun demikian tentu masih saja ada kekurangsempurnaan disejumlah jenis pelayanan ,diantaranya  pada instalasi bank darah.

Sebagaimana penuturan Joko salah satu keluarga pasien penyandang sakit kelainan darah yang setiap bulan harus rawat inap guna transfusi darah sekurangnya empat kantong.Dengan adanya bank darah di RSST dinilai sangat membantu kelancaraan pasien jika membutuhkan darah,namun sayangnya bank darah hanya buka dan melayani pasien sesuai jam kerja alias tidak selama 24 jam.

Sementara seringkali pasien membutuhkan darah sudah diluar jam kerja RSST ini yang membuat pasien harus mencari darah ke Palang Merah Indonesia (PMI).Ironisnya RSST justru hanya menjalin kerjasama pelayanan darah untuk pasien BPJS kesehatan dengan PMI kota Yogyakarta.

Selaku pensiunan PNS yang tentu tidak muda lagi ,awam dengan kondisi kota Yogya merasa kerepotan manakala harus mencari darah ke Jogja ,belum lagi jika cuaca hujan imbuhnya kepada klaten info.

Sebenarnya RSST dulu pernah bekerjasama dengan PMI kabupaten Klaten dalam hal penyediaan darah pasien dan ini sangat membantu dan memudahkan pasien jika harus berurusan dengan PMI ,namun kira-kira pertengahan tahun ini kerjasama itu tidak lagi terjalin.

Dan anehnya ketika RSST bekerjasama dengan PMI kota Yogyakarta ,pengurusan klaim BPJS kes nya menjadi tidak jelas ,baik mengenai  kapan bisa cair  serta berapa jumlah besaran klaim  bagi pasien  sebagaimana penuturan Iwan setelah konsultasi dengan petugas BPJS kes RSST klaten kepada klaten info.Hal senada juga diakui Joko warga Ceper yang isterinya terkena thalasemia.

Pasien berharap agar kebijakan RSST terkait dengan jam kerja bank darah serta penunjukan PMI kota sebagai mitra kerja dievaluasi kembali demi komitmen RSST dapat memberikan pelayanan prima tercapai.

Yakni  penambahan jam kerja bank darah RSST menjadi 24 jam ,penunjukan PMI sebagai mitra tidak perlu jauh-jauh di Yogyakarta toh di kabupaten Klaten juga ada bahkan pernah terjalin kerjasama.

Demikian pula terkait dengan sulitnya klaim darah di PMI bagi pasien peserta BPJS kes hendaknya dibuat SOP yang jelas ,transparan dan akuntabel  demi kepuasan pelayanan RS pemerintah kepada para pasien demikian Joko dan Iwan pasien hemodialisa warga Jombor itu berharap melalui klaten info.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info